Operator Seluler Gelar Program dan Kuota Khusus untuk Dukung PJJ

Kompas.com - 30/08/2020, 15:08 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Operator- operator seluler di indonesia menyatakan kesiapannya dalam mendukung program kuota internet gratis untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

Program yang digalang pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan kementerian Agama (Kemenag), ini akan memberikan internet gratis sebesar 35 GB untuk siswa, 42 GB untuk guru, dan 50 GB untuk dosen dan mahasiswa.

Adapun kesiapan tersebut diwujudkan dalam bentuk optimalisasi jaringan dan penyediaan kuota internet khusus.

Dalam rangka dukungan terhadap kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ), Telkomsel memberikan kuota 10 GB Rp 10 hingga Desember 2020. Operator seluler ini juga mengklaim telah melakukan optimalisasi jaringan dengan fokus di wilayah area residensial.

Baca juga: Cara Beli Kuota Internet Belajar Online Telkomsel, XL, Axis, dan Tri

Optimalisasi itu dilakukan pada antenna jaringan, serta balancing dan upgrade kapasitas spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, seperti frekuensi 900, 1.800, 2.100, dan 2.300 Mhz.

Selain itu, Telkomsel juga memanfaatkan teknologi 4.9G dan Massive MIMO, agar cakupan layanan broadband Telkomsel lebih maksimal dan dapat diakses kapan pun, terutama saat kondisi trafik komunikasi berbasis data yang cukup padat.

“Perubahan pola belajar mengajar yang mengedepankan proses pembelajaran jarak jauh mendorong kami menghadirkan ketersediaan akses, kapasitas, dan kualitas layanan broadband yang sesuai kebutuhan masyarakat ” ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

Operator seluler XL Axiata juga mengatakan  intens berkomunikasi dengan pemerintah termasuk dengan Kemendikbud sebagai bentuk dukungan untuk kelancaran proses PJJ selama pandemi Covid-19

Baca juga: Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Rp 10 Marak di WhatsApp, Hoaks atau Fakta

"Termasuk melakukan MoU dengan Dikti untuk menyediakan paket khusus edukasi bagi pelajar dan tenaga pengajar," ujar General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Dukungan dari XL Axiata antara lain berupa paket internet khusus dengan kartu Axis yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB  untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X