Makin Kaya Selama Pandemi, Harta Bos Amazon Tembus Rp 2.900 Triliun

Kompas.com - 31/08/2020, 10:02 WIB
Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos. SHUTTERSTOCK/Lev RadinPendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos.

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus CEO e-commerce Amazon, Jeff Bezos, kembali mencetak rekor baru. Nilai kekayaan Bezos dilaporkan berhasil menembus angka 204,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.929 triliun.

Dengan demikian, Bezos menjadi orang pertama di dunia yang memiliki kekayaan di atas 200 miliar dollar AS.

Bezos memang telah lama menyandang gelar sebagai orang terkaya di dunia menurut Forbes. Hampir 90 persen kekayaan pria berumur 56 tahun itu diketahui berasal dari kepemilikannya atas 11 persen saham Amazon.

Baca juga: Sehari, Kekayaan Bos Amazon Bertambah Rp 190 Triliun

Kekayaan Bezos berselisih jauh dari orang terkaya kedua di dunia, pendiri Microsoft Bill Gates, yang memiliki harta 116,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.699 triliun).

CEO Facebook Mark Zuckerberg yang baru-baru ini meraih gelar sebagai "centibillionaire" menempati posisi ketiga dengan nilai kekayaan mencapai 100 miliar dollar AS (sekitar sekitar Rp 1.460 triliun).

Centibillionaire merupakan sebutan bagi orang-orang yang kekayaannya lebih dari 100 miliar dollar AS.

Saham Amazon terdongkrak pandemi

Kekayaan Bezos belakangan melambung karena nilai saham Amazon naik tajam sebesar 80 persen semenjak permulaan pandemi Covid-19 di awal 2020. Sebabnya adalah perubahan perilaku konsumen yang jadi cenderung banyak belanja online.

Sebelum pandemi, pada 1 Januari 2020 lalu, nilai kekayaan Bezos tercatat sebesar 115 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.683 triliun.

Baca juga: Elon Musk Ejek Bos Amazon dengan Sebutan Tukang Tiru

Selain memimpin Amazon, Bezos juga merupakan pemilik dari Washington Post, perusahaan aerospace Blue Origin, dan investasi swasta lainnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Minggu (30/8/2020).

Meski telah berhasil meraih nilai kekayaan di atas 200 miliar dollar AS, namun kekayaan Bezos saat ini sebenarnya telah mengalami pengurangan besar karena perceraian dengan mantan instrinya, MacKenzie Bezos, pada pertengahan 2019.

Setelah berpisah dengan Scott, Bezos setuju memberikan 25 persen dari saham miliknya di Amazon kepada Scott. Walhasil, Scott resmi menyandang gelar sebagai wanita terkaya kedua sekaligus orang terkaya ke-14 di dunia.



Sumber Forbes
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X