Facebook Uji Coba Gabungkan FB dan Instagram Stories

Kompas.com - 08/09/2020, 16:15 WIB
Ilustrasi Facebook dan Instagram cnet.comIlustrasi Facebook dan Instagram

KOMPAS.com - Sejak beberapa waktu lalu integrasi antara Facebook dan Instagram semakin mendekati kenyataan. Facebook mulai mengganti logo direct message (DM) di Instagram dengan logo pesan instan Messenger unutk pengguna iOS.

Tak hanya perpesanan, Facebook juga tampaknya akan menggabungkan fitur Stories yang ada di media sosial Facebook dan Instagram.

Hal tersebut diketahui setelah Facebook melakukan uji coba fungsi cross-posting fitur Stories kepada sejumlah pengguna secara terbatas.

Dalam uji coba tersebut, pengguna aplikasi Facebook bisa melihat konten Instagram Stories milik pengguna lain tanpa harus berganti aplikasi.

Dalam tahap ini, tampilan ikon lingkaran pada fitur Stories di halaman utama Facebook akan dibedakan menjadi dua warna yaitu biru untuk Facebook Stories, dan gradasi warna merah untuk Instagram Stories.

Baca juga: Twitter Mulai Uji Coba Fleets, Fitur Mirip Instagram Stories

Fungsi cross-posting pada Facebooktheverge.com Fungsi cross-posting pada Facebook
Technology Communications Manager Facebook, Alexandru Voica, membenarkan hal tersebut.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (8/9/2020), menurut Alexandru, Stories yang diunggah di Instagram hanya akan muncul di FB Story apabila kedua pengguna menautkan akun Instagram mereka ke Facebook.

Selain itu, kedua pengguna tersebut juga harus saling follow di Instagram. 

"Teman Anda di Facebook yang tidak mengikuti Anda di Instagram, tidak dapat melihat cerita Anda," kata Alexandru.

Alexandru juga mengatakan, saat akan mengunggah sebuah konten ke dalam Stories, pengguna Instagram bisa memilih apakah konten tersebut juga akan diunggah pada Facebook Stories atau tidak.

Fitur untuk membagikan konten Instagram Stories secara bersamaan di FB Story sejatinya sudah ada. Pengguna Instagram bisa mengunggah konten Stories ke Facebook secara bersamaan.

Baca juga: Logo DM di Instagram Berganti Jadi Facebook Messenger

Namun, tidak demikian ketika pengguna Facebook akan mengunggah konten ke Facebook Stories. Pengguna Facebook tidak memiliki pilihan untuk mengunggah konten yang sama secara langsung ke Instagram.

Sebagai informasi, Facebook saat ini memang tengah berupaya untuk mengintegrasikan tiga layanan yang dimilikinya, yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Dalam beberapa waktu ke depan, Facebook juga berencana akan mengintegrasikan layanan Messenger dan Instagram yang memungkinkan pengguna di kedua platform tersebut saling berkomunikasi.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X