Mengenang Windows ME, Sistem Operasi Gagal Keluaran 20 Tahun Lalu

Kompas.com - 08/09/2020, 20:10 WIB
Penampilan WIndows Millenium Edition (ME). Microsoft FandomPenampilan WIndows Millenium Edition (ME).

KOMPAS.com - Pengguna Windows lawas mungkin pernah mendengar eksistensi Windows Millenium Edition atau Windows ME. Sistem operasi komputer tersebut dirilis Microsoft 20 tahun lalu, tepatnya pada 14 September tahun 2000.

Windows ME dibuat sebagai penerus Windwos 98. Namun kesuksesan Windows 98 atau versi sebelumnya Windows 95, tidak menurun ke Windows ME.

Pasalnya, Windows ME disebut-sebut sebagai Windows terburuk sejauh ini. Saking buruknya, pengguna Microsoft berkelakar bahwa ME adalah singkatan dari "Mistake Edition" alias edisi kesalahan.

Baca juga: Hari Ini 25 Tahun Lalu Windows 95 Meluncur, Ini Kecanggihannya Kala Itu

Windows ME ditujukan bagi pengguna komputer rumahan. Sistem operasi ini mendukung beberapa aplikasi seperti Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7, dan software Windows Movie Maker.

Microsoft juga menghadirkan Windows Explorer di Windows ME setelah sebelumnya diperuntukan untuk sistem operasi bisnis.

Windows ME masuk ke dalam Windows 9x series. Tapi dengan pembatasan untuk mengakses real mode DOS (disk operating system) untuk meningkatkan kinerja sistem

Banyak masalah

Predikat sebagai sistem operasi gagal disematkan ke Windows ME lantaran OS ini dihinggapi banyak masalah.

Saking banyaknya, Windows ME sampai mempopulerkan istilah "Blue Screen of Death" (BSOD) alias layar biru berisi pesan error yang muncul saat OS mengalami crash sehingga komputer harus restart.

BSOD sebenarnya sudah ada sejak zaman Windows 95 dan 98, tapi lebih sering muncul di Windows ME yang dilaporkan sulit di-install ke komputer.

Halaman:


Sumber Forbes
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X