Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini 25 Tahun Lalu Windows 95 Meluncur, Ini Kecanggihannya Kala Itu

Kompas.com - 25/08/2020, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Dua puluh lima tahun lalu, tepatnya pada 25 Agustus 1995, Microsoft resmi memperkenalkan sistem operasi Windows 95.

Lahirnya sistem operasi tersebut merupakan bukti nyata dari pesatnya perkembangan teknologi yang telah dibuat oleh dua pendiri Microsoft, yakni Bill Gates dan Paul Allen.

Windows 95 sendiri dapat dipasang pada komputer dengan spesifikasi minimum RAM 4 MB dan ruang hard disk sebesar 55 MB saja.

Kala itu, kehadiran Windows 95 memang banyak dinantikan oleh para pengguna. Lima pekan usai waktu peluncurannya, Microsoft berhasil memecahkan rekor penjualan terbanyak hingga 7 juta kopi software.

Baca juga: Kursor Mouse Dulunya Tegak Lurus, Ini Alasannya Kini Jadi Miring

Pencapaian tersebut tidak terjadi tanpa suatu sebab. Microsoft diketahui telah mengeluarkan dana sebesar 300 juta dollar AS untuk biaya promosi, termasuk menggandeng bintang seri komedi Friends, yakni Jennifer Aniston and Matthew Perry dalam video tutorialnya.

Iklan Windows 95 yang ditampilkan melalui televisi pun diiringi dengan lagu Rolling Stones yang berjudul "Start Me Up". Secara spesifik, iklan tersebut mempromosikan fitur tombol Start, yang kala itu hadir secara perdana pada Windows 95.

Kehadiran tombol Start di OS Windows diklaim sangat praktis, karena dapat membantu pengguna dalam mencari aplikasi atau melakukan navigasi pada komputer.

Baca juga: Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

Selain dari fitur ikonik tersebut, Windows 95 telah membawa banyak perubahan dibanding sistem operasi pendahulunya, yakni DOS dan Windows 3.1.

Windows 95 memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin memberikan nama yang panjang pada suatu folder atau file, hingga mencapai 250 karakter.

Padahal pada versi MS DOS, pemberian nama pada file dan folder tergolong terbatas, yakni hanya dapat memuat delapan karakter saja.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.