Apple Luncurkan iPad Air 4, Pertama dengan Chip Terkuat A14 Bionic

Kompas.com - 16/09/2020, 08:05 WIB
iPad Air 4 SvetappleiPad Air 4

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan beberapa gadget baru dalam acara online yang digelar dini hari tadi. Salah satunya adalah tablet iPad Air 4 yang merupakan perangkat pertama dengan chip Apple A14 Bionic, mendului iPhone 12 maupun iPad Pro.

A14 Bionic merupakan chip tercanggih Apple yang dibuat menggunakan proses fabrikasi 5nm. SoC dengan 11,8 miliar transistor ini memiliki CPU 6-core serta GPU 4-core. Kinerjanya diklaim lebih tinggi hingga 40 persen dibanding generasi sebelumnya.

"iPad Air yang jauh lebih bertenaga menandai debut chip terkuat yang pernah dibuat oleh Apple, A14 Bionic," ujar SVP of Worldwide Marketing Apple, Greg Jowsiak, dalam sebuah laman pengumuman.

Baca juga: MacBook Air dan iPad Pro 2020 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

Dari segi penampilan, iPad Air 4 kini tampil beda dari pendahulunya dengan mengusung desain yang nampak serupa dengan iPad Pro. Bingkai layar kini lebih tipis, panel display (IPS LCD, 2.360 x 1.640 piksel) pun lebih lebar dengan ukuran 10,9 inci.

Berbeda dari iPad generasi sebelumnya yang hanya memiliki varian warna space gray, silver, dan rose gold, iPad Air 4 hadir dengan dua warna baru, yakni green dan blue.

Speaker kini ditempatkan di sisi kanan dan kiri saat tablet berada dalam orientasi landscape. Konektor Lighting pun berganti ke USB tipe C seperti iPad Pro. Perangkat ini juga telah mendukung aksesori Apple Pencil 2 dan Magic Keyboard bikinan Apple.

Layar iPad Air 4WCCF Tech Layar iPad Air 4

iPad Air 4 turut dibekali dengan satu buah kamera belakang beresolusi 12 MP wide (f/1.8) dan satu buah kamera selfie 7 MP true depth. Sayangnya, tablet ini belum mendukung fitur biometrik Face ID.

Baca juga: Apple Rilis iOS 12.4.7 untuk iPhone dan iPad Jadul

iPad Air 4 bakal ditawarkan dalam dua pilihan konektivitas, yakni model Wi-Fi dan Wi-Fi + seluler.  Harganya 599 dollar AS atau sekitar Rp 8,8 juta untuk varian 64 GB Wi-Fi. Sementara varian 64 GB Wi-Fi + seluler akan dijual seharga 729 dollar AS atau sekitar Rp 10,8 juta.

Apple juga menjual iPad Air 4 dengan opsi media penyimpanan 256 GB, harganya 749 dollar AS atau sekitar Rp 11 juta (Wi-Fi) dan 879 dollar AS atau sekitar Rp 13 juta (Wi-Fi + seluler).

Untuk ketersediaan, iPad Air 4 baru akan hadir di pasaran pada Oktober mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (16/9/2020).



Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X