CEO Instagram Kecam Perlakuan Pemerintah AS terhadap TikTok

Kompas.com - 22/09/2020, 07:07 WIB
CEO Instagram, Adam Mosseri businessinsider.comCEO Instagram, Adam Mosseri

KOMPAS.com - CEO Instagram, Adam Mosseri turut mengomentari kebijakan Pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap sejumlah aplikasi asal China seperti TikTok dan WeChat. Ia mengecam tindakan Donald Trump terhadap aplikasi tersebut.

Menurut Mosseri, tindakan yang dilakukan Pemerintah AS ini akan berdampak buruk untuk masa depan bisnis media sosial dalam jangka waktu yang panjang.

"Saya sudah mengatakan ini sebelumnya, bahwa larangan TikTok di AS akan berdampak bagi Instagram, Facebook, dan internet secara lebih luas," tulis Mosseri melalui akun Twitternya.

Mosseri mengingatkan bahwa sebagian besar pengguna media sosial di luar AS adalah pengguna yang memiliki potensi besar bagi perusahaan asal AS seperti Instagram dan Facebook.

Dia khawatir Instagram akan mendapat perlakuan serupa di negara lain apabila Pemerintah AS membatasi aplikasi asing.

Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump, mengeluarkan perintah (executive order) untuk memblokir TikTok dan WeChat dari toko aplikasi Google Play Store dan App Store di AS. 

Baca juga: Dapat Restu Trump, Oracle Akan Jadi Pemilik Saham TikTok

Perintah tersebut dikeluarkan untuk mencegah pengguna baru mengunduh kedua aplikasi tersebut.

Menanggapi kicauan Adam Mosseri, salah satu petinggi TikTok, Vanessa Pappas, juga meminta Instagram untuk mendukung TikTok dalam melawan larangan tersebut.

Dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (22/9/2020), Presiden AS Donald Trump pada Sabtu kemarin menyetujui perjanjian yang dengan bakal memungkinkan TikTok mempertahankan bisnisnya di Amerika Serikat tersebut.

"Saya telah merestui persetujuan tersebut. Jika mereka (TikTok, Oracle, dan Walmart) bisa menyelesaikannya, itu bagus. Namun jika tidak, maka juga tidak apa-apa," ujar Trump.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X