Google Meet, Drive, dan Classroom Dilaporkan Tumbang Pagi Ini

Kompas.com - 25/09/2020, 08:35 WIB
ilustrasi Logo Google reuters.comilustrasi Logo Google

Update: Layanan Google berangsur kembali normal dan sudah bisa diakses di sejumlah wilayah di Indonesia mulai pukul 11.00 WIB.

KOMPAS.com - Sejumah layanan Google dilaporkan tumbang pagi ini, Jumat (25/9/2020). Layanan Google Meet, Google Drive, serta Google Classroom dilaporkan tidak bisa digunakan.

Halaman Downdetector.id menunjukkan bahwa gangguan ini terjadi di sejumlah wilayah di Amerika Serikat serta negara di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, gangguan terjadi di Singapura, Malaysia, Filipina, serta Indonesia.

Sejumlah layanan Google dilaporkan tumbang pada Jumat (25/9/2020) pagi. Yudha Pratomo/KOMPAS.COM Sejumlah layanan Google dilaporkan tumbang pada Jumat (25/9/2020) pagi.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Google Classroom untuk Belajar dari Rumah

Para pengguna pun mengeluhkan gangguan layanan Google melalui platform Twitter. "Google Meet, Google Drive, Hangout, dan Gmail tumbang," tulis pengguna Twitter @hemovintage.

Layanan yang mengalami gangguan menampilkan keterangan "502". Sebagai informasi, "502" adalah pesan error yang muncul apabila terjadi kesalahan pada server.

Sejumlah layanan Google dilaporkan tumbang pagi ini. Yudha Pratomo/KOMPAS.COM Sejumlah layanan Google dilaporkan tumbang pagi ini.
"Pagi ini saya mencoba masuk ke kelas melalui Google Meet, tapi tidak bisa. Tidak satu pun guru dan teman saya yang bisa masuk. Saya pikir ada masalah di server Google," tulis pengguna Twitter Ansul Snigh.

Tumbangnya layanan Google ini memang menjadi masalah besar, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas bekerja dan belajar harus dilakukan secara online.

Baca juga: Mulai 1 Oktober, Google Meet Versi Gratis Dibatasi 1 Jam Per Hari

Layanan Google Meet saat ini menjadi salah satu andalan para pekerja untuk melakukan pertemuan secara virtual. Sementara Google Classroom digunakan para pelajar untuk pembelajaran jarak jauh.

Hingga berita ini ditayangkan, Google belum mengeluarkan pernyataan tentang tumbangnya sejumlah layanan mereka.

Baca juga: Kuota Belajar Online 10 GB, Bisa Zoom Meetings dan Google Meet Berapa Jam?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X