Pengguna Facebook Bakal Bisa Posting ke Instagram dan Messenger Sekaligus

Kompas.com - 30/09/2020, 09:33 WIB
Ilustrasi Facebook Accounts Center. FacebookIlustrasi Facebook Accounts Center.

KOMPAS.com - Belakangan, Facebook terus berupaya untuk menggabungkan seluruh platform yang berada di bawah naungannya, seperti Facebook, Instagram, Messenger, dan lain sebagainya dalam satu aplikasi. 

Sejalan dengan hal tersebut, Facebook pekan ini berencana untuk menguji coba sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan sebuah unggahan feed/stories secara bersamaan di Facebook, Instagram, dan Messenger dalam satu aplikasi.

Fitur tersebut terangkum dalam sebuah halaman pengaturan bernama " Accounts Center" dan bakal ditemui pengguna di menu pengaturan masing-masing aplikasi, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Fitur Account Center di laman pengaturan Facebook, Instagram, dan Messenger.Facebook Fitur Account Center di laman pengaturan Facebook, Instagram, dan Messenger.

Selain mengunggah postingan di tiga platform sekaligus lewat pengaturan "Story & Post Sharing", halaman Accounts Center juga bisa dipakai untuk memasukkan informasi dan kredensial layanan Facebook Pay.

Baca juga: Kim Kardashian dkk Boikot Facebook dan Instagram Selama 24 Jam, Ada Apa?

Dengan begitu, layanan dompet digital besutan Facebook ini bisa dipakai di tiga platform tadi dalam satu pengaturan, sehingga pengguna tak perlu repot-repot untuk memasukkan informasi Facebook Pay secara terpisah.

Ada pula menu "Logging in Accross Accounts" yang bisa digunakan untuk masuk ke Facebook, Instagram, dan Messenger dengan mudah, asalkan pengguna telah menghubungkan ketiga akun tersebut.

Menu ini juga bisa dipakai untuk memulihkan akun pengguna. Misalnya, apabila pengguna lupa kata sandi akun Instagramnya, maka mereka bisa memulihkannya di aplikasi Facebook, begitu juga sebaliknya.

Meski bisa dipakai untuk masuk dan memulihkan akun, laman Accounts Center dipastikan tidak bakal menyeragamkan nama dan foto profil pengguna di ketiga platform tersebut secara default.

Artinya, pengguna agaknya masih bisa tenang dari "mimpi buruk" penggabungan seluruh platform Facebook dan masih bisa menggunakan nama serta foto profil yang berbeda di tiga layanan Facebook tadi. 

Baca juga: Facebook Uji Coba Gabungkan FB dan Instagram Stories

Meski demikian, perusahaan rintisan Mark Zuckerberg ini menyediakan sebuah opsi di mana pengguna bisa menyeragamkan nama dan profil foto pengguna (Sync Profile Info) di satu platform agar bisa dipakai di platform lainnya.

Laman pengaturan Sync Profile Info.Facebook Laman pengaturan Sync Profile Info.

Menurut pihak Facebook, fitur Accounts Center ini bakal diuji coba mulai minggu ini dan pengguna yang kebagian bakal menemukan fitur tersebut di menu pengaturan (Settings) Facebook, Instagram, hingga Messenger.

Baca juga: Tanda-tanda WhatsApp dan Facebook Messenger Akan Segera Disatukan

Adapun fitur Facebook Pay bakal ditambahkan ke halaman Accounts Center dalam beberapa waktu ke depan sebelum 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BlogFacebook, Rabu (30/9/2020).

Belum diketahui kapan halaman Accounts Center ini disebar ke pengguna umum secara luas. Kita nantikan saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X