Durasi Video Call Google Meet Tak Jadi Dibatasi 60 Menit

Kompas.com - 30/09/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi Google Meet techradar.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Pada April lalu, Google mengonfirmasi bahwa pengguna bisa menikmati layanan video conferencing Meet secara cuma-cuma, dengan waktu yang tidak terbatas ( unlimited hingga 24 jam) sampai 30 September.

Sempat tersiar kabar bahwa Google tidak akan memperpanjang benefit untuk pengguna gratisan tersebut. Artinya, mulai 1 Oktober, durasi video telekonferensi di Meet bakal dibatasi 60 menit per sesi untuk pengguna yang tidak berlangganan.

Kini, sehari sebelum tenggat 1 Oktober, Google berubah pikiran dan memperpanjang kebijakan fitur Premium unlimited. Berdasarkan pengumuman resmi di laman Google, pengguna masih bisa menikmati fitur unlimited Meet hingga Maret 2021.

Baca juga: Google Meet Premium Bisa Dicoba secara Gratis di Indonesia, Begini Caranya

Google memprediksi bahwa layanan video telekonferensi Meet bakal sering dipakai menjelang momen liburan akhir tahun, misalnya untuk reuni keluarga atau acara pernikahan.

Selain itu, karena kegiatan belajar mengajar yang kini juga digelar secara jarak jauh, pertemuan antara guru dan orang tua siswa juga kerap digelar secara online.

"Menjelang musim liburan yang membatasi pengguna untuk tidak bepergian, mereka mungkin bakal sering menggunakan video telekonferensi untuk reuni keluarga, rapat guru dan orang tua siswa, dan pernikahan," demikian keterangan resmi Google dikutip KompasTekno, Rabu (30/9/2020).

"Kami ingin terus membantu mereka (pengguna gratisan) yang selama ini mengandalkan Meet selama beberapa bulan ke depan. Mulai hari ini, fitur unlimited (hingga 24 jam) di Meet bakal diperpanjang hingga 31 Maret 2021 untuk pengguna yang memiliki akun Gmail," imbuh pihak Google.

Baca juga: Kuota Belajar Online 10 GB Rp 10, Bisa Zoom Meetings dan Google Meet Berapa Jam?

Meski demikian, saat berita ini ditulis, Google tampaknya belum mengganti keterangan terkait fitur unlimited Meet untuk pengguna gratisan di halaman pricing.

Di laman tersebut, Google masih mencantumkan keterangan durasi rapat online gratis 24 jam hanya bisa diakses hingga 30 September 2020. Di atas keterangan ini juga masih tertulis bahwa durasi maksimum rapat online gratis dibatasi hanya 1 jam (60 menit).

Ada kemungkinan Google bakal mengubah informasi tersebut dalam beberapa jam ke depan, setidaknya sebelum kalender beralih ke tanggal 1 Oktober.

Ada kemungkinan juga Google bakal terus memperpanjang kebijakan ini, apabila pandemi belum berakhir atau penggunaan Meet diprediksi bakal melonjak setelah Maret 2021.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X