Tanda-tanda WhatsApp dan Facebook Messenger Akan Segera Disatukan

Kompas.com - 09/07/2020, 18:41 WIB
Layanan media sosial yang dimiliki Mark Zuckerberg yaitu Instagram, WhatsApp, dan Facebook. KompasTeknoLayanan media sosial yang dimiliki Mark Zuckerberg yaitu Instagram, WhatsApp, dan Facebook.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sejak tahun lalu, rumor terkait integrasi tiga platform yang berada di bawah naungan Facebook yakni Instagram, WhatsApp, dan Messenger, santer beredar.

Kini ambisi tersebut tampaknya semakin dekat menjadi kenyataan. Sebab, tanda-tanda integrasi antara WhatsApp dengan Facebook Messenger mulai terlihat. 

Sejumlah fungsi WhatsApp dikabarkan bisa langsung diproses dari dalam aplikasi Messenger. Hal ini diketahui dari serangkaian kode yang ditemukan oleh situs yang kerap membagikan fitur teranyar WhatsApp, WABetaInfo.

Berdasarkan laporan terbarunya, serangkaian kode ini mewakili sejumlah fitur WhatsApp dan tercantum di dalam file database aplikasi Messenger yang tersimpan di ponsel.

Serangkaian kode yang ditemukan di database aplikasi Facebook Messenger.WABetaInfo Serangkaian kode yang ditemukan di database aplikasi Facebook Messenger.

Jika ditelisik secara seksama, seluruh kode tesebut diawali dengan kata "whats_app_", diikuti dengan fitur serta fungsi WhatsApp yang berbeda pada setiap barisnya.

Baca juga: Cara Pakai Dark Mode di WhatsApp Web, Kirim Stiker Animasi, dan Bikin Kode QR

Beberapa di antaranya, menurut WABetaInfo, mencakup fungsi untuk mengetahui detail kontak WhatsApp (nomor, profile picture, dan lain-lain), notifikasi, info serta anggota grup WhatsApp, dan lain sebagainya.

Meski demikian, serangkaian kode ini tidak memberi petunjuk apakah nantinya Messenger bisa dipakai untuk melakukan percakapan (chatting) dengan pengguna WhatsApp secara cross platfrom atau tidak.

WhatsApp sendiri sejatinya diperkuat dengan sistem enkripsi end-to-end (antar ponsel). Artinya, percakapan yang terjadi di WhatsApp diklaim tidak bisa disadap aplikasi lain, bahkan pihak Facebook sendiri.

Nantinya, untuk bisa menerima pesan WhatsApp di Messenger, Facebook konon bakal turut menggunakan sistem enkripsi end-to-end dengan protokol serupa, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (897/2020).

Selain WhatsApp, percakapan yang terjadi di aplikasi Messenger juga disinyalir akan dapat diakses lewat aplikasi Instagram. Setidaknya begitu menurut seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi (@alex193a) di Twitter.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X