Pengguna Spotify Bisa Cari Lagu dengan Mengetik Lirik di Aplikasi

Kompas.com - 06/10/2020, 15:35 WIB
Spotify User cnet.comSpotify User

KOMPAS.com - Spotify baru saja meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari lagu, dengan hanya menggunakan potongan lirik. Fitur ini mulai tersedia untuk pengguna Spotify di Android dan iOS, baik premium maupun gratis.

Fitur mencari lagu lewat potongan lirik ini membuat Spotify kini memiliki fitur serupa dengan pesaingnya, Apple Music.

Product Designer Spotify, Lina Wang melalui akun Twitter pribadinya pada Senin (5/10/2020) mengumumkan kehadiran fitur ini.

Baca juga: Fitur Lirik Lagu Real-Time Spotify Hadir di Indonesia

"Tim saya baru saja menambahkan sesuatu [di Spotify] untuk iOS dan Android, sekarang kamu bisa mencari lagu berdasarkan lirik di Spotify, selamat mencoba," tulis Wang.

Meskipun masih belum memiliki nama resmi, tetapi fitur ini dipastikan bisa semakin memudahkan pengguna untuk mencari lagu lewat Spotify dengan lebih sederhana.

Sebelumnya, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shazam untuk mengetik lirik dan menemukan judul lagu, kemudian baru memutarnya di Spotify.

Baca juga: Lirik Lagu Yang Ditampilkan Google Hasil Mencontek Situs Lain?

Tetapi setelah fitur ini muncul, pengguna tak harus lagi membuka aplikasi lain. Mereka cukup menuliskan lirik lagu di kolom pencarian Spotify. Kemudian, Spotify akan memunculkan judul-judul lagu yang sesuai dengan lirik tersebut.

Fitur serupa telah lebih dulu dirilis Apple di layanan streaming Apple Music sejak tahun lalu. Sama dengan Spotify, pengguna Apple Music juga cukup mengetik kata yang diingat di kolom pencarian.

Dirangkum KompasTekno dari PhoneArena Selasa (6/10/2020), fitur pencarian lagu lewat teks ini muncul setelah Spotify meluncurkan fitur Collaborative Playlist minggu lalu.

Fitur Collaborative Playlist dibuat agar pengguna bisa mengajak teman dan anggota keluarganya membuat playlist bersama.

 

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.