"Among Us" Jadi Game Paling Populer Kalahkan "PUBG Mobile"

Kompas.com - 06/10/2020, 13:14 WIB
Ilustrasi game Among Us Inner SlothIlustrasi game Among Us

KOMPAS.com - Meski Among Us bukan tergolong sebagai game baru, namun popularitasnya kian meroket dalam beberapa minggu terakhir.

Hanya dalam waktu singkat, game besutan InnerSloth ini berhasil menyandang gelar sebagai game terpopuler atau yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2020.

Perusahaan riset aplikasi Sensor Tower resmi menobatkan Among Us sebagai game terlaris dengan total unduhan hingga 85 juta kali di perangkat Android dan iOS. Among Us sukses menggeser posisi beberapa game populer seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Baca juga: Game Among Us Dongkrak Unduhan Discord

Dilaporkan jumlah unduhan tersebut melonjak tinggi pada Agustus dan September yang tercatat mencapai 60 juta kali. Menurut Sensor Tower, negara yang paling banyak mengunduh game ini adalah AS, yang menyumbang 23,7 persen atau sekitar 20,5 juta unduhan.

Total unduhan game Among Us di sepanjang tahun 2020Sensor Tower Total unduhan game Among Us di sepanjang tahun 2020

Menyusul di bawahnya, Brasil menjadi negara terbanyak kedua yang mengunduh Among Us dengan menyumbang 19,2 persen bagian, atau sebesar 16,6 juta unduhan.

Tak cuma banyak diunduh, Among Us juga meraup pendapatan yang cukup besar, yakni hingga 3,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 47 miliar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sensor Tower, Selasa (6/10/2020),

Seperti game online pada umumnya, Among Us juga menyediakan konten berbayar. Adapun benefit yang didapatkan dari konten tersebut adalah pemain dapat menghilangkan iklan serta hadirnya pet (hewan peliharaan), yang akan menemani pemain di sepanjang permainan.

Game Among Us sendiri sejatinya telah hadir sejak Juni 2018 lalu. Namun dalam dua tahun terakhir, game ini tidak banyak mendapat perhatian dari para pemain.

Baca juga: Trik untuk Menang sebagai Impostor dan Crewmate di Among Us

Game ini dahulu diunduh kurang dari 1.000 kali setelah beberapa bulan diluncurkan. Barulah pada September 2020, popularitas Among Us mendadak melonjak, usai dimainkan oleh sejumlah YouTuber gaming.

Game ini banyak diminati karena bisa dimainkan bersama-sama dan memiliki aturan main yang sederhana, sehingga dapat dipelajari dalam waktu singkat.

Selain itu, Among Us juga tidak memerlukan spesifikasi ponsel yang tinggi, dan tidak memakan memori penyimpanan yang besar.

Among Us dapat diunduh secara gratis pada Google Play Store dan App Store, sementara pemain PC bisa mendapatkan game via Steam dengan harga Rp 40.000.

Game ini sudah mendukung crossplay, sehingga dapat dimainkan bersama melalui platform Android, iOS, dan PC.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X