Dibongkar, Kapasitas Baterai iPhone 12 Pun Terungkap

Kompas.com - 25/10/2020, 12:02 WIB
Penampakan iPhone 12 dari situs resmi Apple (Dok. Apple) Penampakan iPhone 12 dari situs resmi Apple

KOMPAS.com - Seperti peluncuran iPhone baru sebelum-sebelumnya, Apple jarang sekali mengungkap spesifikasi iPhone baru secara lengkap. Biasanya masih ada beberapa spesifikasi yang masih menjadi teka-teki.

Di lini iPhone 12 misalnya, Apple merahasiakan kapasitas baterai. Beberapa waktu lalu, sebuah dokumen dari lembaga sertifikasi asal Brasil mengungkap kapasitas baterai iPhone 12 adalah 2.815 mAh.

Baca juga: Baterai iPhone 12 Terungkap, Lebih Kecil dari iPhone 11

Belakangan, informasi ini diperkuat oleh sebuah video teardown yang membongkar jeroan iPhone 12. VIdeo berjudul "Apple iPhone 12- Teardown" di kanal YouTube Black MOB itu mungkin adalah adalah yang pertama kali memperlihatkan pembongkaran iPhone 12.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (25/10/2020), iPhone 12 yang dipreteli di video adalah varian warna Pacific Blue. Saat sisi layar dibuka, tampak susunan komponen dalam iPhone 12, seperti baterai, motherboard, dan modem 5G.

Pada bagian baterai, tertera jelas keterangan kapasitasnya, yakni 2.815 mAh, sesuai isi di dokumen sertifikasi Brasil. Angka itu 10 persen lebih kecil dari iPhone 11 yang memiliki kapasitas baterai 3.110 mAh.

Tangkapan layar video pembongkaran iPhone 12 dari kanal Black MOB yang menampakan kapasitas baterai.YouTube/Black MOB Tangkapan layar video pembongkaran iPhone 12 dari kanal Black MOB yang menampakan kapasitas baterai.

Meski kapasitasnya lebih kecil, bukan berarti daya tahan baterai iPhone 12 tak setinggi iPhone 11.  Apple mengklaim baterai iPhone 12 dan iPhone 12 Pro bisa bertahan hingga 17 jam untuk memutar video, atau sama dengan perangkat pendahulunya.

Video teardown turut memperlihatkan Layar OLED 6,1 inci di iPhone 12 lebih tipis ketika disandingkan dengan iPhone 11. Begitu pula dengan taptic engine di iPhone 12 lebih kecil dibanding iPhone 11. iPhone 12 menggunakan logic board berbentuk huruf "L".

Bagian yang menarik adalah penampakan cincin magnet yang berfungsi merekatkan aksesori MagSafe, termasuk charger nirkabel baru yang diperkenalkan Apple. Pengisi daya ini memiliki keluaran 15 watt.

Baca juga: Charger MagSafe iPhone 12 Bisa Dipakai di Galaxy Z Fold 2

Tampak sebuah kumparan dan bagian cincin yang di atasnya terdapat susunan magnet melingkar. Apple mengatakan MagSafe kompatibel dengan semu model iPhone terbaru, yakni iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone Pro, dan iPhone Pro Max.

Namun, belakang diketahui bahwa ternyata juga bisa berfungsi untuk beberapa ponsel Android, seperti Galaxy Z Fold 2 dan Google Pixel 5. Video pembongkaran iPhone 12 selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

https://www.phonearena.com/news/First-iPhone-12-teardown-confirms-smaller-battery-flaunts-the-ingenious-MagSafe-coil_id127977



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X