Daftar 10 Smartphone Terlaris pada Kuartal III-2020, Siapa Juaranya?

Kompas.com - 11/11/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi smartphone. PinterestIlustrasi smartphone.

KOMPAS.com - Firma riset pasar Canalys merilis laporan terbaru daftar smartphone dengan angka pengiriman tertinggi pada kuartal III-2020. Dari sini diketahui bahwa iPhone 11 ternyata merupakan ponsel terlaris dalam periode tersebut dengan shipment lebih dari 16 juta unit.

iPhone SE menyusul di urutan kedua dengan angka pengiriman yang terpaut jauh di kisaran 10 juta unit. iPhone 11 dan iPhone SE menjadi dua perangkat Apple dalam daftar 10 ponsel terlaris pada kuartal III-2020 versi Canalys, sisanya didominasi oleh Samsung dan Xiaomi.

Baca juga: Menerka Harga iPhone 12 di Indonesia, Bakal Semahal Apa?

Lima dari 10 ponsel terlaris berasal dari Samsung, sedangkan tiga lainnya dari Xiaomi. Jika dilihat, secara umum daftar itu lebih banyak dihuni smartphone mulai dari kelas entry-level hingga menengah, kecuali iPhone.

Untuk Samsung, model yang masuk daftar berasal dari seri Galaxy A, yakni Galaxy A21s, Galaxy A11, Galaxy A51, Galaxy A31, dan ponsel entry-level Galaxy A1 Core.

Sementara itu, tiga smartphone Xiaomi yang masuk daftar adalah Redmi Note 9/ Redmi 10X 4G, serta Redmi dan Redmi 9A.

Smartphone terlaris kuartal III-2020 versi CanalysCanalys Smartphone terlaris kuartal III-2020 versi Canalys

Dari segi pasar smartphone secara keseluruhan, Samsung masih menjadi penguasa dengan market share 23 persen dari angka pengiriman 80,2 juta unit. Huawei menyusul di posisi kedua dengan pangsa pasar 14,9 persen dan pengiriman 51,7 juta unit.

Baca juga: Penjualan iPhone Jeblok Tahun Ini, Sampai Disalip Xiaomi

Xiaomi menggeser Apple dan menguasai posisi ketiga dengan pangsa pasar 13,5 persen dan pengiriman 47,1 juta unit smartphone. Posisi keempat dan kelima dihuni oleh Apple dan Vivo secara berurutan.

Apple merengkuh pangsa pasar 12,4 persen dengan pengiriman 43,2 juta unit. Sementara itu, Vivo menguasai pangsa pasar 9,1 persen dengan pengiriman 31,8 juta unit smartphone, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Canalys Newsroom, Rabu (11/11/2020).

Secara keseluruhan, angka pengiriman smartphone global mencapai 348 juta unit, turun 1 persen secara year over year (YoY), tetapi naik 22 persen secara kuartal ke kuartal (QoQ).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X