Sempat Tumbang Lebih dari 1 Jam, YouTube Berangsur Pulih

Kompas.com - 12/11/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi YouTube user businessinsider.comIlustrasi YouTube user

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna mengaku YouTube sudah berangsur-angsur pulih setelah terjadi error pada Kamis (12/11/2020) pagi. YouTube mengalami error lebih dari satu jam sejak sekitar pukul 07.00 WIB.

Dari pantauan tim KompasTekno, YouTube mulai pulih sekitar pukul 08.40 WIB. Lewat Twitter, sebagian pengguna mengaku sudah bisa lagi memutar video di YouTube.

Baca juga: YouTube Down Pagi Ini, Tidak Bisa Memutar Video

Dari pantauan situs DownDetector, jumlah laporan YouTube error juga mulai berkurang. Tercatat, laporan error mulai terjadi sekitar pukul 07.10 WIB. Puncak laporan terjadi pada pukul 07.28 WIB dengan 282.686 keluhan masalah yang masuk di situs DownDetector.

Hingga pukul 08.43 WIB, hanya ada 8.984 laporan yang masuk. Begitu pula dari pantauan peta di DownDetector, warna merah, jingga, dan kuning berangsur-angsur berkurang.

Namun, di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, masih banyak titik merah dan jingga yang mengindikasikan layanan YouTube masih belum pulih sepenuhnya.

Lewat akun Twitter resmi, YouTube mengakui layanannya memang sempat bermasalah, tetapi kini sudah bisa kembali diakses oleh pengguna.

Baca juga: YouTube Error, Pengguna Mengeluh Kesulitan Belajar Online

"Kami sudah kembali. Mohon maaf atas interupsinya. Masalah ini telah diperbaiki untuk seluruh device dan layanan YouTube. Terima kasih telah bersabar," kicau YouTube.

Belum diterangkan apa persisnya yang menyebabkan gangguan. Selain layanan utama YouTube, YouTube TV dan YouTube Music juga dilaporkan sempat mengalami masalah serupa.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X