Instagram Rombak Tampilan Aplikasinya, Muncul Tombol Reels dan Belanja

Kompas.com - 13/11/2020, 06:58 WIB
Tampilan baru beranda Instagram yang kini memiliki tombol Reels dan Instagram Shopping. InstagramTampilan baru beranda Instagram yang kini memiliki tombol Reels dan Instagram Shopping.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, muncul sebuah bocoran Instagram akan merombak tampilannya dengan beberapa opsi tampilan. Akhirnya, perombakan itu benar-benar terjadi.

Tampilan Instagram kini mulai berubah terutama di tombol-tombol navigasinya. Di pembaruannya, Instagram membubuhkan tombol fitur Reels dan Instagram Shopping ( belanja) secara khusus.

Dua tombol itu terletak di sisi bawah, berjajar dengan tombol home, pencarian (explore), dan profil. Sebelumnya, posisi tombol Reels dan belanja dihuni oleh tombol unggah foto dan video serta notifikasi.

Kedua tombol itu kini berpindah di sisi atas, sejajar dengan tombol pesan langsung (direct message/DM).

Baca juga: Fitur Belanja Instagram Shopping Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

"Kami tidak menganggap remeh perubahan ini, kami belum memperbarui beranda Instagram secara besar-besaran selama beberapa waktu," tulis CEO Instagram, Adam Mosseri yang juga membagikan pembaruan ini lewat Instagram pribadinya.

Dia mengatakan, tab Reels bakal memudahkan pengguna menemukan video pendek dari kreator di seluruh dunia. Reels merupakan fitur yang dirilis Instagram untuk menyaingi TikTok.

"Kami juga melihat lebih banyak orang membeli online dan mencari kreator untuk menemukan rekomendasi belanja," tulis Mosseri di akun Instagramnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Adam Mosseri ???? (@mosseri)

"Kami sangat senang dengan desain baru dan yakin hal ini akan memberikan penyegaran yang sangat dibutuhkan, sambil tetap memepertahankan pada nilai kesederhanaan yang menjadi nilai ini kami," lanjut Mosseri,

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (13/11/2020), perubahan ini diluncurkan tidak lama setelah fitur Reels dirilis di Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Namun, hingga kini fitur itu belum sampai di Indonesia.

Walhasil, kemungkinan perubahan tampilan ini belum tiba di pengguna Instagram Indonesia.
Kendati demikian, Instagram sudah menghadirkan fitur belanja di Indonesia.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat, memilih, dan membeli produk dari kreator atau toko langsung dari aplikasi Instagram.

Baca juga: Cara Instagram Menjamin Keamanan Belanja lewat Fitur Shopping

Fitur Instagram Shopping juga akan memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, menampilkan menu pilihan editor yang dikurasi kanal @Shop, koleksi toko, dan fitur jelajah produk.

Instagram Shopping bisa ditemukan dengan mengetuk tombol pencarian atau explore, kemudian ketuk kolom "toko" atau "shop" yang terletak di sisi atas layar.

Berbeda dengan Reels dan belaja, Instagram tidak membubuhkan tombol IGTV secara khusus di beranda. Tombol IGTV bisa ditemukan dengan membuka menu eksplor lebih dulu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X