Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Galaxy S21 Dibekali Pemindai Sidik Jari Ultrasonic Terbaru, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 19/01/2021, 14:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy S21 telah resmi hadir. Salah satu fitur baru yang dibawa oleh lini ponsel flagship terbaru dari Samsung ini adalah pemindai sidik jari 3D Sonic Sensor generasi ke-2.

Sensor besutan Qualcomm ini merupakan penerus dari sensor generasi sebelumnya yang telah terlebih dahulu digunakan pada Galaxy S10, Galaxy Note 10, dan Galaxy S20.

Pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengklaim bahwa fingerprint sensor terbaru ini memiliki ukuran area pemindaian yang 1,7 kali lebih besar dan mampu melakukan proses pemindaian sidik jari 50 persen lebih cepat.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra di Indonesia

Seorang editor dari 9to5Google, Ben Schoon, menjajal sensor fingerprint Galaxy S21 dalam sebuah video yang diunggahnya ke Twitter. Terlihat bahwa sensor fingerprint Galaxy S21 mampu membuka layar dalam respon yang cukup cepat.

"Sensor pemindai sidik jari S21 memang sangat cepat, tetapi tidak lebih baik dari (sensor fingerprint) optik. Terlalu dini untuk membicarakan akurasi. Namun ini jelas merupakan peningkatan besar," tulis Schoon.

Saat ini, kebanyakan smartphone mengandalkan dua jenis sensor fingerprint, yakni sensor ultrasonic dan sensor optik. Prinsipnya, sensor optik menggunakan cahaya untuk memindai jari pengguna, sementara sensor ultrasonic memakai gelombang suara.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Kamera Trio Samsung Galaxy S21, Apa yang Baru dan Beda?

Bedanya, sensor cahaya hanya mampu menghasilkan gambar 2D dari pola sidik jari pengguna. Sementara, sensor ultrasonic mampu membuat pemetaan 3D sehingga secara teori lebih akurat dan bisa digunakan walaupun jari pengguna basah atau kurang bersih.

Dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (18/1/2021), Samsung sebelumnya telah membenamkan sensor sidik jadi ultrasonic pada Galaxy S20. Meski demikian, performa sensor fingerprint pada ponsel tersebut belum sekencang Galaxy S21.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com