Begini Tampilan Game Lawas "Pepsiman" Jika Diberi Sentuhan Ala PS5

Kompas.com - 17/02/2021, 13:22 WIB
Ilustrasi game Pepsiman orisinal (kiri) dan Pepsiman buatan gamerjv (kanan). YouTube/Banana PicturesIlustrasi game Pepsiman orisinal (kiri) dan Pepsiman buatan gamerjv (kanan).
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Penggemar game lawas, khususnya konsol PlayStation 1 (PS1) tentu tidak asing dengan teriakan "Pepsimaan!" yang menjadi pembuka game ini.

Pepsiman memang menjadi salah satu game ikonik di konsol PS1. Selain karakternya yang unik, gameplay Pepsiman juga sederhana, yaitu berlari sampai tujuan sambil menghindari sejumlah rintangan.

Pepsiman menjadi game yang hanya dirilis untuk PS1. Tidak ada pengembangan atau lanjutan dari game tersebut di konsol-konsel generasi berikutnya.

Namun, baru-baru ini Pepsiman muncul dengan tampilan yang lebih segar dalam sebuah video di kanal YouTube Banana Pictures.

Tentu saja Pepsiman yang muncul kali ini adalah hasil buatan dan modifikasi para penggemar, bukan berasal dari KID selaku pengembang game Pepsiman.

Baca juga: Karakter Manusia di Game Kini Bisa Dibikin Kurang dari Satu Jam

Dalam video tersebut Pepsiman tampil dengan sentuhan teknologi pencahayaan Ray Tracing yang menjadi salah satu fitur unggulan dari konsol PlayStation 5 (PS5).

Video tersebut merupakan karya dari seorang pengembang mesin game (game engine) Unity 3D dari forum Reddit bernama gamerjv.

Sebagai informasi, Ray Tracing merupakan teknik rendering 3D untuk menampilkan refleksi, cahaya, dan efek sinematis dalam game. Sehingga, tampilan game bisa terlihat semakin mirip dengan dunia nyata.

Ilustrasi gameplay Pepsiman orisinal (kiri) dan Pepsiman buatan gamerjv (kanan).YouTube/Banana Pictures Ilustrasi gameplay Pepsiman orisinal (kiri) dan Pepsiman buatan gamerjv (kanan).
Teknologi tersebut tentu membuat kualitas visual Pepsiman tampak lebih ciamik. Karakter dan sejumlah obyek dalam game terlihat lebih nyata. Selain itu, refleksi bayangan karakter, mobil, dan berbagai obyek lainnya juga tampak lebih natural.

Kendati demikian, Pepsiman versi Ray Tracing ini hanya sebatas video untuk mendemonstrasikan teknologi milik mesin game Unity 3D sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PurePlaystation, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Ini Daftar dan Jadwal Peluncuran Game PS5 yang Akan Dirilis Sepanjang 2021

Nah, penasaran bagaimana tampilan game Pepsimen yang diberi sentuhan Ray Tracing? Berikut ini adalah videonya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X