Kerajaan Arab Saudi Borong Saham Rp 46 Triliun dari 3 Perusahaan Game

Kompas.com - 24/02/2021, 07:37 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. EPA via BBC INDONESIAPutra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

KOMPAS.com - Perusahaan investasi milik Kerajaan Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF) memberikan suntikan dana kepada tiga pengembang dan publisher game senilai 3,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 46 triliun).

Ketiganya adalah Activision Blizzard Inc., Electronic Arts (EA) Inc. dan Take-Two Interactive Software Inc.

Secara spesifik, PIF membeli 14,9 juta lembar saham Activision senilai 1,4 miliar dollar AS (sekitar Rp 19,7 triliun) dan 7,4 juta lembar saham EA sebesar 1,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 15,5 triliun).

Baca juga: Game Diablo 2 Akan Dirilis Ulang Tahun Ini untuk PC, PS5, hingga Switch

Perusahaan investasi tersebut juga memborong 3,9 juta lembar saham milik Take-Two senilai 826 juta dollar AS (sekitar Rp 11,6 triliun). Seluruh saham ini dibeli pada kuartal akhir tahun 2020 lalu.

Pangeran Mohammed bin Salman diketahui merupakan sosok yang bertanggung jawab atas investasi yang dilakukan oleh PIF.

Dengan melakukan investasi tersebut, ia bermaksud untuk mengubah konsep perekonomian negara agar tidak sepenuhnya bergantung pada bisnis minyak saja.

Baca juga: 5 Game Battle Royale Selain PUBG Mobile dan Fortnite

Pangeran Mohammed bin Salman sendiri dikenal sebagai sosok yang gemar bermain video game. Salah satu game favoritnya adalah game first-person shooter (FPS) besutan Activision, Call of Duty.

Dihimpun KompasTekno dari Al Jazeera, Rabu (24/2/2021), sebelumnya FIP juga pernah melakukan investasi besar pada beberapa perusahaan teknologi lain.

Beberapa perusahaan termasuk Uber Technologies Inc. dan Softbank Group Corp.'s Vision Fund sempat mendapatkan suntikan dana senilai 4,4 miliar dollar AS (sekitar Rp 62 triliun).



Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X