7 Hal yang Dicari Netizen Indonesia di Google Terkait Virus Corona

Kompas.com - 25/02/2021, 14:39 WIB
Ilustrasi Google Search cnet.comIlustrasi Google Search

KOMPAS.com - Google membeberkan data tren pencarian di internet secara global, selama masa pandemi Covid-19. Menurut Data Editor Google News Lab, Simon Rogers, laporan ini merujuk pada data yang dihimpun dari kanal Google Trends.

Google Trends adalah tools berbasis web dari Google untuk melihat topik-topik apa saja yang sedang trending atau banyak dicari orang di internet.

Menurut Rogers, dengan Google Trends, pihaknya bisa menganalisis dan menampilkan gambaran minat terhadap suatu topik tertentu, dari seluruh dunia hingga ke wilayah tingkat kota.

Baca juga: Google Ungkap Data yang Diambil dari Pengguna iPhone

"Data yang digunakan di sini adalah dari 1 Januari 2020 sampai 31 Januari 2021 atau sekitar 13 bulan," lanjut Rogers dalam sesi conference call, Kamis (25/2/2021).

Keyword Corona di Indonesia

Khusus untuk wilayah Indonesia sendiri, ada tujuh kata kunci (keyword) yang paling sering digunakan orang untuk mencari kabar seputar Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • "apa itu virus corona"
  • "kapan corona berakhir"
  • "cara mencegah virus corona"
  • "cara penyebaran virus corona"
  • "apa penyebab virus corona"
  • "bagaimana awal penyebaran virus corona"
  • "apa gejala virus corona"

"Dari tahun lalu (2020), banyak orang Indonesia yang mempelajari tentang virus Covid-19. Penelusuran seputar gejalanya, bagaimana penyebarannya, pencegahan hingga kabar terkini seputar situasi penyebarannya di Indonesia juga meningkat secara signifikan," ujar Rogers.

Meski begitu, Rogers tidak menjelaskan secara rinci berapa angka peningkatan tersebut.

Peningkatan dalam 7 hari terakhir

Rogers juga menjelaskan, selama tujuh hari terakhir (per 18 Februari 2021), penelusuran mengenai gejala virus Covid-19 pun masih sering dicari oleh banyak orang di Indonesia.

"Kita melihat bahwa topik utama penelusuran seputar virus corona terus didominasi oleh penelusuran seputar gejala. Pertanyaan seperti "apa gejala virus corona" juga meningkat," ungkap Rogers.

Baca juga: Dari Corona hingga Odading, Ini yang Di-googling Orang Indonesia Sepanjang 2020

Adapun lima wilayah di Indonesia dengan minat penelusuran tertinggi dari kata kunci "apa gejala virus corona" dalam tujuh hari terakhir yaitu: Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Gorontalo, dan Jambi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.