Google Ungkap Data yang Diambil dari Pengguna iPhone

Kompas.com - 25/02/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi Google reuters.comIlustrasi Google

KOMPAS.com - Melalui pembaruan iOS 14, Apple turut menggulirkan label privasi bernama "nutrition labels" di setiap halaman aplikasi yang ada di App Store.

Fitur ini mengharuskan setiap aplikasi yang ada di toko Apple mengungkap data apa saja yang diambil dari pengguna, beserta tujuan penggunan data tersebut oleh aplikasi.

Aplikasi seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Signal, sudah lebih dahulu mengungkap jenis data yang mereka dikumpulkan dari pengguna iPhone. Kali ini giliran Google.

Google baru-baru ini menggulirkan pembaruan untuk aplikasi YouTube dan Gmail. Melalui pembaruan ini, Google juga mengungkapkan informasi yang dikumpulkan YouTube dan Gmail dari pengguna iPhone.

Sebagaimana dihimpun dari laman App Store, aplikasi YouTube mengambil sejumlah data pengguna yang termasuk kategori "data linked to you".

Menurut Apple, "data linked to you" berarti bahwa data tersebut dikumpulkan dengan cara ditautkan ke identitas pengguna, seperti ke akun, perangkat, atau detail pengguna.

Baca juga: WhatsApp Jelaskan Kembali Kebijakan Berbagi Data dengan Facebook

Data tersebut digunakan untuk untuk beberapa tujuan, seperti kebutuhan iklan pihak ketiga, analitik, personalisasi produk, higga "tujuan lain".

Untuk kebutuhan iklan pihak ketiga, YouTube mengambil data pegguna meliputi lokasi, info kontak (e-mail, nama, dan nomor telepon), serta riwayat penelusuran di aplikasi.

Selanjutnya ada riwayat browsing di situs lain, ID pengguna dan perangkat, hingga data penggunaan seperti interaksi produk tertentu di internet dan data periklanan.

Sedangkan untuk kebutuhan analitik, YouTube menghimpun data pengguna meliputi riwayat pembelian, konten pengguna (data rekaman audio), diagnostik (data crash, kinerja aplikasi, dll), lokasi kasar, alamat e-mail, pengenal, serta data lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber bgr
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X