Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Seluler Terbaik Indonesia 2020 Versi nPerf

Kompas.com - 27/02/2021, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat software pengukur kecepatan internet mobile, nPerf kembali merilis laporan uji layanan internet "Barometer of Mobile Internet Connection in Indonesia" untuk tahun 2020.

Seperti tahun 2019, uji kelayakan ini melibatkan lima operator seluler di Indonesia.

Pada 2020, Telkomsel masih mejadi juara bertahan dengan predikat operator seluler dengan performa terbaik secara keseluruhan. Operator seluler pelat merah tersebut meraih skor 29.466 poin.

Di belakang Telkomsel, operator seluler terbaik di Indonesia secara berurutan adalah Tri Indonesia dengan skor 19.824 poin, XL Axiata 19.646 poin, IM3 Ooredoo 18.249, dan Smartfren 16.892.

Telkomsel hampir unggul di semua kategori penilaian. Pada kategori pengunduhan atau download bitrate, kecepatan Telkomsel mencapai 8,26 Mbps, mengungguli Smartfren (7,28 Mbps), IM3 Ooredoo (5,80 Mbps), XL Axiata (5,67 MBps), dan Tri Indonesia(5,19 Mbps).

Menurut nPerf, dalam uji kelayakan kecepatan unduh, sebagian besar operator seluler di Indonesia membatasi kecepatan untuk beberapa penggunaan yang intensif, seperti streaming video kualitas HD.

Telkomsel juga unggul di kategori unggah atau upload bitrate dengan kecepatan upload 5,04 Mbps, lebih kencang dibanding Tri Indonesia (3,92 Mbps), IM3 Oredoo (3,57 Mbps), XL Axiata (3,54 Mbps), dan Smartfren (2,29 Mbps).

Baca juga: Daftar ISP di Indonesia yang Paling Kencang dan Lelet untuk Akses Netflix

Untuk browsing, persentase Telkomsel paling tinggi yakni 35,34 persen, diikuti Tri Indonesia 30,75 persen, IM3 Ooredoo 29,48 persen, XL Axiata 27,27 persen, dan Smartfren 27,25 persen.

Pada kategori streaming YouTube, Telkomsel meraih persentase tertinggi yakni 62,87 persen, cukup jauh di atas XL Axiata (51,59 persen), Tri Indonesia (50,13 persen), IM3 Ooredoo (45,77 persen), dan Smartfren (36,20 persen).

Uji kelayakan internet lima operator seluler di Indonesia oleh nPerf.nPerf Uji kelayakan internet lima operator seluler di Indonesia oleh nPerf.

Telkomsel hanya kalah di dua kategori yakni tingkat latensi dan success ratio (angka sukses hasil pengujian).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.