Kompas.com - 05/03/2021, 07:29 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru yang memungkinkan foto yang dikirim pengguna terhapus sendiri secara otomatis atau self-destructing photos.

Hal ini diungkap oleh akun Twitter WABetaInfo. Beberapa tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan oleh WABetaInfo dalam sebuah kicauan menunjukkan bahwa pengguna dapat mengirimkan foto yang hanya bisa dilihat dalam periode waktu tertentu.

Ketika foto dibuka, pengguna akan melihat penanda waktu hitung mundur di sisi kiri bawah yang menunjukkan berapa banyak waktu yang tersisa sebelum foto menghilang.

Baca juga: Begini Cara Kirim Foto dan Video yang Bisa Terhapus Otomatis di Instagram

Tangkapan layar juga menunjukkan bahwa foto akan terhapus jika pengguna meninggalkan ruang obrolan yang sedang berlangsung.

Akun WABetaInfo sendiri memang kerap memberikan bocoran-bocoran tentang calon fitur baru WhatsApp dengan akurat sebelum resmi diluncurkan.

WABetaInfo menyebutkan bahwa foto yang dikirim menggunakan fitur self-destructing photos ini tidak bisa diekspor atau dikirim ke luar aplikasi WhatsApp.

Dalam uji coba kali ini, WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp belum menerapkan pedeteksi screenshot shingga bisa saja pengguna menangkap gambar layar sebelum gambar terhapus.

Fitur self-destructing photos ini agaknya mirip dengan fitur "View Once" yang ada pada direct message Instagram. View Once juga memungkinkan pengguna Instagram mengirimkan foto atau video yang hanya dapat dilihat satu kali saja oleh pengguna.

Baca juga: Pesan di Instagram dan Messenger Kini Terhapus Otomatis dengan Vanish Mode

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DigitIn, Jumat (5/3/2021), fitur foto terhapus sendiri ini diduga akan hadir untuk aplikasi di perangkat Andorid maupun iOS, tapi waktu rilis resminya masih belum diketahui.

Sebelum fitur self-destructing photos, WhatsApp lebih dulu memiliki fitur self-destructing messages. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan yang akan terhapus secara otomatis dalam periode waktu tertentu.

Untuk self-destructing messages sendiri, WhatsApp menyediakan beberapa opsi pilihan periode waktu sebelum pesan terhapus secara otomatis, mulai dari satu jam, satu hari, satu bulan, hingga satu tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber DigitIn
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.