Pesan di Instagram dan Messenger Kini Terhapus Otomatis dengan Vanish Mode

Kompas.com - 14/11/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi Vage Mode di aplikasi pesan singkat Facebook dan Instagram FacebookIlustrasi Vage Mode di aplikasi pesan singkat Facebook dan Instagram

KOMPAS.com - Facebook resmi menghadirkan fitur Vanish Mode di layanan perpesanan Messenger dan Direct Message (DM) Instagram. Fitur ini memungkinkan pesan teks, foto, emoji, dsb. yang dikirim pengguna terhapus secara otomatis dalam waktu tertentu.

Fitur Vanish Mode meluncur pada Jumat (13/11/2020) untuk pengguna di Amerika Serikat, dan di sejumlah negara tertentu. Pantauan KompasTekno, saat berita ini ditayangkan, fitur tersebut belum tersedia untuk pengguna di Indonesia.

Fitur ini sejatinya telah terlebih dahulu hadir di Facebook Messenger pada September lalu. Namun kini Facebook memutuskan untuk memperluas penggunannya di Instagram.

Baca juga: Fitur Pesan Sementara WhatsApp Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Instagram juga sebenarnya sudah memiliki fitur seperti ini sejak beberapa lama, namun dahulu hanya tersedia untuk file foto atau video yang dikirim lewat Direct Message. Kini dalam Vanish Mode, pesan teks juga bisa langsung terhapus begitu dibaca oleh penerima pesan.

Tak terbatas untuk teks saja, semua yang dikirim dalam percakapan, seperti pesan suara, emoji, dan stiker akan terhapus secara otomatis, apabila telah dilihat oleh penerima pesan, atau ketika pengguna keluar dari kolom obrolan.

Perlu diingat bahwa fitur ini harus diaktifkan oleh kedua pengguna, baik pengirim maupun penerima pesan. Fitur Vanish Mode juga hanya berlaku pada kolom percakapan antar-individu, dan tidak tersedia dalam grup percakapan.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Hilang Otomatis 7 Hari

Untuk mengakses fitur Vanish Mode, pengguna dapat mengaktifkannya dari menu Settings atau mengusap ke atas saat membuka layar percakapan, sehingga menampilkan jendela baru percakapan.

Demi mencegah terjadinya penyalahgunaan dalam menggunakan fitur baru ini, Facebook memberikan fitur melaporkan percakapan. Mengambil screenshot juga dimungkinkan, namun akan ada notifikasi jika salah satu dalam percakapan melakukannya.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (14/11/2020), fitur pesan terhapus otomatis ini pertama kali dipopulerkan oleh Snapchat. Bedanya, pesan di Snapchat bisa terhapus secara otomatis setelah 24 jam sejak pertama kali pesan dibaca.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X