Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terungkap

Kompas.com - 27/03/2021, 08:08 WIB
Ilustrasi Tesla Roadster TESLA.comIlustrasi Tesla Roadster

KOMPAS.com - Vendor smartphone China Xiaomi dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk melebarkan bisnisnya ke industri mobil listrik atau electronic vehicle (EV).

Menurut tiga sumber anonim yang dekat dengan isu ini, Xiaomi akan memproduksi mobil listrik di bawah mereknya sendiri. Untuk proses manufakturnya, Xiaomi dikabarkan menggandeng perusahaan otomotif China, Great Wall Motor.

Menurut salah seorang sumber, kemitraan antara Xiaomi dan Great Wall ini paling cepat diumumkan pada pekan depan.

Baik pihak Xiaomi mapun Great Wall belum memberikan konfirmasi soal kabar ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Sabtu (27/3/2021).

Mobil listrik Xiaomi yang bakal jadi pesaing Tesla ini dikabarkan meluncur sekitar tahun 2023. Nantinya, mobil listrik ini dapat terhubung dengan perangkat lain dalam ekosistem produk Xiaomi.

Salah seorang sumber mengatakan, pendiri sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun, percaya bahwa keahlian perusahaannya dalam pembuatan perangkat keras akan membantu mempercepat desain dan produksi mobil listriknya.

Seperti diketahui, selain smartphone, Xiaomi juga telah meluncurkan berbagai produk yang dapat terhubung ke internet, termasuk skuter, pembersih udara, hingga penanak nasi.

Baca juga: Di Balik Minat LG dan Tesla Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Dengan tersiarnya rencana Xiaomi ini turut menambah panjang deretan perusahaan teknologi yang menyatakan diri akan masuk ke pasar mobil listrik.

Pada Januari lalu, perusahaan mesin pencarian China, Baidu juga mengatakan akan memproduksi mobil listrik, bekerja sama dengan perusahaan otomotif Geely.

Xiaomi juga bukan satu-satunya vendor smartphone yang berambisi melakukan ekspansi bisnis ke dunia otomotif. Apple lebih dahulu diketahui berencana merilis mobil otonomnya sendiri pada tahun 2024 mendatang.

Desas-desus terkait pengembangan mobil otonom Apple sejatinya sudah terdengar lama. Inisiasi awal proyek ini yang disebut Project Titan, dimulai sejak 2014. Kini industri menyebut mobil otonom itu dengan Apple Car, walau nama tersebut belum resmi.

Baca juga: Mobil Otonom Apple Dikabarkan Meluncur 2024

Huawei juga menjadi perusahaan smartphone lainnya yang diketahui bersiap bergabung di pasar mobil pintar.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X