Game Coral Island Buatan Indonesia Kumpulkan Dana Rp 23 Miliar, Ini Kuncinya

Kompas.com - 31/03/2021, 11:48 WIB
Ilustrasi game Coral Island Stairway GamesIlustrasi game Coral Island

KOMPAS.com - Game simulasi asal Indonesia, Coral Island, berhasil mengumpulkan1,6 juta dollar AS (sekitar Rp 23,2 miliar) lewat kampanye yang digelar melalui platform urun dana Kickstarter.

Pendanaan tersebut diraih dalam waktu relatif singkat, yakni dari bulan Februari hingga awal Maret 2021. Dana dikumpulkan dari hasil urunan 36,374 backers alias donatur yang tersebar di berbagai negara.

Coral Island pun dinobatkan sebagai salah satu game asal Indonesia yang sukses meraih pendanaan terbanyak di Kickstarter. Apa rahasianya?

Baca juga: Game A Witchs Tale Buatan Studio Indonesia Resmi Dirilis

Menjawab pertanyaan ini, Soma Putera, produser studio Stairway Games asal Yogyakarta yang mengembangkan Coral Island, membagikan empat kunci sukses game tersebut.

Dialog percakapan dengan salah satu karakter dalam game Coral IslandYouTube/Coral Island Dialog percakapan dengan salah satu karakter dalam game Coral Island

Saat berbicara dalam acara konferensi pers yang digelar secara online, Selasa (30/3/2021), Soma mengatakan bahwa kunci pertama adalah daya tarik game itu sendiri. Coral Island merupakan sebuah game simulasi yang kental dengan unsur budaya Asia Tenggara.

Salah satu contohnya seperti munculnya bangunan di dalam game yang terinspirasi dari rancangan tradisional Bali. Secara tidak langsung, hal ini menjadi sebuah keunikan yang dapat membantu pemain dalam membedakan Coral Island dengan game laiinnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Poin kedua menyangkut pada kualitas grafis yang ditawarkan.Stairway Games menggunakan mesin game besutan Epic Games, Unreal Engine sebagai tools yang digunakan dalam menggarap game Coral Island.

Selain mampu menciptakan kualitas grafis yang apik, Soma menilai bahwa Unreal Engine menawarkan benefit lain, salah satunya adalah mudah untuk digunakan. 

Baca juga: Inilah Tirta, Game Buatan Indonesia yang Akan Hadir di PS5

Stairway Games Producer, Soma Putera dalam sebuah acara konferensi pers yang diselenggarakan secara online pada Selasa (30/3/2021)KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Stairway Games Producer, Soma Putera dalam sebuah acara konferensi pers yang diselenggarakan secara online pada Selasa (30/3/2021)

"Mempelajari Unreal Engine cukup mudah. Terdapat kursus pembelajaran online yang tersedia secara gratis. Selain itu, ada banyak komunitas yang dapat membantu Anda ketika sedang kesulitan," ujar Soma.

Selanjutnya, Soma turut menyarankan untuk selalu mengiklankan game melalui media sosial, salah satunya melalui Facebook Ads. Langkah ini dilakukan sebagai media pengenalan, sehingga pemain dapat mengenal lebih dekat dengan game yang ingin dirilis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X