Ternyata Ini Alasan Apple Tak Mau Rilis Aplikasi iMessage di Android

Kompas.com - 11/04/2021, 16:15 WIB
ilustrasi iMessage androidcentral.comilustrasi iMessage

KOMPAS.com - Apple dikenal sebagai vendor smartphone yang penuh dengan eksklusivitas untuk mencegah penggunanya pindah ke pesaing.

Salah satu layanan yang ingin dijaga eksklusivitasnya oleh Apple adalah aplikasi pesan instan iMessage. Belakangan terungkap bahwa Apple sebenarnya bisa merilis aplikasi khas iOS itu untuk platform Android, tapi sengaja tidak melakukannya.

Hal itu tertuang dalam sebuah dokumen pengadilan yang diajukan Epic Games, pengembang game battle royale Fortnite, dalam kasus sengketanya dengan Apple terkait pungutan di toko aplikasi App Store.

Baca juga: Apakah iMessage Hanya Bisa Dipakai di iPhone?

Dokumen yang berisi serangkaian kutipan pernyataan dari para petinggi Apple tersebut menyebutkan bahwa Eddy Cue, SVP Internet Software and Service Apple, mengakui pada 2013 bahwa perusahaannya bisa saja membuat aplikasi iMessage untuk Android.

Namun, SVP of Software Engineering Craig Federighi dan SVP of Worldwide Marketing Apple berpendapat bahwa kehadiran iMessage di Android bisa membuat pengguna iPhone lebih mudah berpaling ke pesaingnya itu.

Dalam sebuah e-mail yang dikutip oleh dokumen pengadilan Epic, Schiller menyebutkan bahwa "memindahkan iMessage ke Android akan lebih merugikan kita (Apple) ketimbang menguntungkan."

Baca juga: Mengenal iMessage, Aplikasi Chat dari Apple yang Dianggap Pesaing Berat WhatsApp

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Minggu (11/4/2021), ini berarti keputusan Apple tidak merilis iMessage di Android adalah sebuah strategi bisnis, bukan karena hambatan teknis karena sebenarnya bisa saja dilakukan apabila diinginkan.

Apple sendiri tak pernah mengeluarkan pernyataan resmi soal rencana menghadirkan iMessage di platform lain. Epic mengungkap keputusan Apple terkait iMessage untuk menyoroti praktik bisnis perusahaan tersebut yang dipandang tak adil untuk developer

Namun, karena keputusan Apple untuk tidak merilis iMessage di Android bukanlah sesuatu yang ilegal atau dilarang, kecil kemungkinan Apple akan mengubah sikapnya soal ini. iMessage pun bisa dibilang akan tetap menjadi salah satu fitur eksklusif Apple.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X