Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Kompas.com - 16/04/2021, 20:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era pandemi seperti saat ini, laptop dan komputer boleh jadi merupakan perangkat elektronik yang paling sering digunakan. Laptop digunakan untuk bekerja jarak jauh, belajar secara daring, atau mencari hiburan.

Saking seringnya digunakan, tak mengherankan bila banyak debu, goresan, hingga sidik jari yang menempel di layar laptop atau komputer pengguna, sehingga tidak sedap dipandang mata.

Jika berniat membersihkan layar laptop atau komputer, pengguna sebenarnya hanya memerlukan dua alat sederhana, yakni kain mikrofiber dan air.

KompasTekno merangkum beberapa langkah yang bisa diikuti pengguna ketika ingin membersihkan layar pada laptop atau komputer.

Namun, sebelum menjalankan ritual pembersihan layar, ada beberapa catatan dan tips penting yang perlu pengguna ingat. Tujuannya agar ketika dibersihkan dengan air, layar tidak justru menjadi rusak, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Kamis (15/4/2021).

Catatan dan tips sebelum membersihkan layar

1. Matikan komputer

Sebelum membersihkan layar, pengguna disarankan untuk mematikan perangkatnya.

Dengan mematikan laptop atau komputer, ritual pembersihan layar akan lebih aman karena gerakan apapun termasuk menyeka layar dapat menciptakan guncangan dan berpotensi merusak komponen internal layar.

Selain itu, bila layar dalam keadaan mati, pengguna akan lebih mudah melihat debu, noda, dan sidik jari pada permukaan layar.

2. Kenali jenis layar laptop atau komputer

Laptop dan komputer tak jarang dibekali dengan jenis layar yang berbeda-beda. Misalnya ada laptop atau komputer yang dibekali dengan layar berlapis kaca. Lalu ada pula yang hanya dibekali dengan layar LCD atau LED.

Baca juga: Harga Smartphone Naik dan Laptop Langka, Ini Biang Keladinya

Perangkat yang layarnya sudah dilapisi kaca, seperti perangkat iMac dan MacBook keluaran terbaru, bisa dibersihkan menggunakan larutan pembersih ringan seperti alkohol.

Atau menurut laman Support Apple, pengguna bisa menggunakan isopropil alkohol 70 persen atau Tisu Desinfektan Clorox ketika berniat membersihkan layar.

Untuk pengguna yang memiliki laptop dengan layar LCD atau LED, perlu memberikan perhatian ekstra ketika membersihkan layar agar tidak merusak piksel yang menyusun tampilan.

3. Jangan gunakan larutan pembersih abrasif

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com