Halodoc dan Sayurbox Dapat Dana Rp 580 Miliar dari Astra International

Kompas.com - 26/04/2021, 09:38 WIB
Aplikasi Halodoc kr-asiaAplikasi Halodoc
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dua perusahaan startup digitalIndonesia, Halodoc dan Sayurdoc, baru-baru ini mendapatkan suntikan dana dari PT Astra International Tbk dengan nilai total sebesar Rp 580 miliar.

Rinciannya adalah 35 juta dollar AS atau sekitar Rp 507,5 miliar ke Halodoc dan 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,5 miliar ke Sayurbox. 

Halodoc merupakan platform kesehatan berbasis online. Sementara Sayurbox adalah e-commerce produk-produk pertanian.

Baca juga: Startup Asal Indonesia Paling Dilirik Investor Sepanjang 2020

Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro mengatakan bahwa aksi korporasi ini adalah bagian dari inisiatif strategis untuk mempercepat transformasi digital perusahaan.
Dia menilai bahwa kedua startup tersebut memiliki prospek bisnis yang cerah.

“Kami melihat kedua startup ini memiliki satu misi, satu visi dan satu komitmen yang baik dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Djony, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Kontan, Senin (26/4/2021).

Menurut Djoni, Halodoc memiliki misi untuk mengurangi ketimpangan akses layanan kesehatan di Indonesia. Dia menilai Halodoc adalah  bisnis cash yang jelas dan memiliki tujuan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau Sayurbox itu produce dari petani sehingga bisa sampai ke tangan pelanggan. Ini juga satu bisnis cash yang baik," kata Djony, seperti diberitakan Kompas.com.

Baca juga: Evy Amir Syamsudin, dari Urus Narapidana hingga Jadi Founder Startup

Di masa pandemi, lanjut Djony, layanan kesehatan menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan. Demikian juga dengan e-commerce.

Ia menambahkan, Astra International mempunyai target sendiri guna melakukan investasi anorganik dan akan terus mengkaji peluang-peluang yang ada dari berbagai sektor.

“Kami selalu melihat peluang-peluang di kemudian hari, jika memang ada tentu kami berminat untuk melakukan investasi lebih banyak,” tambahnya.

Dalam laporan kinerja perusahaan untuk kuartal-I 2021, Astra International menyalurkan modal ke Sayurbox dan Halodoc pada bulan Maret dan April.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.