Kompas.com - 04/05/2021, 03:24 WIB
Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense. TechspotIlustrasi PS5 dengan controller DualSense.

KOMPAS.com -  Konsol PlayStation 5 terbaru dari Sony sudah menghadapi masalah kelangkaan stok sejak pertama kali diluncurkan pada November tahun lalu. CEO Sony Hiroki Totoki pun mengatakan pasokan PS5 tidak akan bertambah drastis selama setahun ke depan.

Prediksi itu disampaikan olehnya saat konferensi dengan investor setelah rilis laporan keuangan terbaru Sony. Totoki pun mengatakan ada dua hal yang kemungkinan bisa dilakukan oleh Sony untuk berupanya meningkatkan stok PS5.

Baca juga: Game Gratis PlayStation Plus Mei 2021 untuk PS4 dan PS5

"Misalnya, kami bisa mencari pemasok kedua, atau dengan mengubah desain (PlayStation 5)," ujarnya. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut tentang perubahan desain seperti apa persisnya yang dimaksud, tapi PS5 kemungkinan tak akan dirombak besar-besaran.

Bentuk fisik konsol game PS5 terbilang agak nyentrik dan futuristik dengan rancangan duo tone hitam dan putih. Ukurannya dikenal bongsor apabila dibandingkan dengan konsol-konsol lain.

PS5 Standard Edition memiliki dimensi sebesar 390 mm x 260 mm x 104 mm dengan bobot 4,5 kg, lebih besar dibandingkan dengan konsol PS4 versi "Pro" yang hanya 327 x 295 x 55 mm dengan bobot 3,3 kg.

Penyebab masalah stok PS5, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Guide, Selasa (4/5/2021), tak lain adalah kelangkaan chip global yang berakar dari tingginya angka permintaan konsumen selama pandemi dan pengurangan jumlah produksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Stok Prosesor AMD Menipis, Kabar Buruk untuk PS5 dan PC

Di samping kelangkaan chip, Totoki mengatakan bahwa ada sejumlah faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap volume produksi PS5.

Angka penjualannya sendiri sebenarnya tinggi, sudah melewati penjualan PS4 di masa-masa awal peluncurannya. "Saat ini, target kami adalah mengalahkan penjualan tahun kedua PS4 yang sebesar 14,8 juta (unit)," ujar Totoki.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X