Profil Jeff Bezos, Mantan Pelayan McDonald's yang Sukses Mendirikan Amazon

Kompas.com - 03/05/2021, 19:02 WIB
Pendiri Amazon, Jeff Bezos GeekWirePendiri Amazon, Jeff Bezos

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dengan Jeff Bezos? Pria yang bernama asli Jeffrey Preston Bezos ini adalah sosok di balik kesuksesan salah satu e-commerce terbesar di dunia, yaitu Amazon.

Jeff Bezos sering menyandang gelar orang terkaya di dunia. Menurut laporan Forbes, kekayaan Bezos saat ini tercatat mencapai 201,4 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 2.908 triliun.

Sebelum meraih kesuksesannya, jalan yang ditempuh oleh Bezos tidaklah mudah. Pria kelahiran 12 Januari 1964 ini sempat bekerja di beberapa bidang, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha.

Baca juga: 4 Prinsip dan Kebiasaan Unik Jeff Bezos Saat Jadi CEO Amazon

Bezos lahir di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat dari pasangan suami istri bernama Jacklyn Gise Jorgensen dan Ted Jorgensen. Sayangnya, umur pernikahan kedua orangtua Bezos hanya bertahan satu tahun.

Setelah bercerai dengan Ted, Jacklyn memutuskan untuk menikah kembali dengan seorang imigran asal Kuba bernama Mike Bezos. Jacklyn pun mengganti marganya menjadi Bezos, termasuk untuk nama Jeff.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masa kecil Jeff Bezos

Bezos terlahir dari keluarga yang tidak berhubungan erat dengan teknologi. Namun, sejak kecil, Bezos sudah memiliki ketertarikan di dunia teknologi, khususnya di bidang elektro.

Hal itu dibuktikan saat Bezos membuat alarm listrik sederhana, untuk mencegah kedua adiknya agar tidak masuk ke dalam kamarnya. Saat balita, Bezos juga pernah membongkar sendiri tempat tidurnya dengan obeng kecil.

Ketertarikannya di bidang teknologi terus berlanjut, hingga ia duduk di bangku SMA. Saat itu, Bezos berkesempatan untuk mengikuti Program Pelatihan Sains Tingkat Mahasiswa di University of Florida, AS.

Di tingkat SMS, Bezos berhasil meraih penghargaan Silver Knight Award pada tahun 1982, penghargaan bagi siswa yang memiliki nilai baik dan berkontribusi kepada sekolah dan masyarakat.

Setelah lulus SMA, Bezos menempuh pendidikan di Princeton University dan meraih gelar sarjana ilmu komputer dan teknik listrik dengan predikat summa cumlaude pada 1986.

Setelah lulus kuliah, Bezos bekerja di Fitel, yakni perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan pengembangan jaringan internet, untuk sektor perdagangan internasional.

Tak berangsur lama, Bezos kemudian pindah ke perusahaan lain seperti Bankers Trust dan D.E Shaw pada 1990. Di D.E Shaw, Bezos menjabat sebagai Vice President termuda saat itu.

D.E Shaw juga menjadi tempat di mana Bezos pertama kali bertemu dengan Mackenzie Tuttle, perempuan yang kemudian dinikahinya pada 1993. Dari pernikahan tersebut, Bezos dan Tuttle dikaruniai empat orang anak.

Awal mula berdirinya Amazon

Jeff Bezos saat pertama kali merintis Amazon.com tahun 1994The Tech Zone Jeff Bezos saat pertama kali merintis Amazon.com tahun 1994

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X