Cara Memindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram dan Signal

Kompas.com - 16/05/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi aplikasi perpesanan Telegram, Signal, WhatsApp Nikkei AsiaIlustrasi aplikasi perpesanan Telegram, Signal, WhatsApp

KOMPAS.com - Setelah mengundang kontroversi pada awal tahun ini, aturan baru WhatsApp mengenai privasi pengguna resmi berlaku mulai hari ini, Sabtu (15/5/2021).

Kebijakan baru ini membuat pengguna WhatsApp cemas. Tidak sedikit yang khawatir apakah isi chat dan percakapan telepon bisa dibaca dan diteruskan ke Facebook, meskipun pihak Facebook sendiri sudah membantah hal tersebut. 

Oleh karena itu, tak sedikit yang sudah mulai meninggalkan WhatsApp dan beralih menggunakan aplikasi serupa, seperti Telegram dan Signal.

Kabar baiknya, seluruh isi percakapan di WhatsApp dapat dipindahkan ke berbagai aplikasi lain, termasuk Telegram dan Signal.

Baca juga: Kebijakan Baru WhatsApp Berlaku Hari Ini, Bagaimana Nasib Akun yang Tak Setuju?

Adapun cara lengkapnya adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets Now, Minggu (16/5/2021).

Cara memindahkan isi chat WhatsApp ke Telegram

Fitur baru Telegram yang memungkinkan penggunanya dapat mengimpor obrolan dari aplikasi WhatsApp9to5google.com Fitur baru Telegram yang memungkinkan penggunanya dapat mengimpor obrolan dari aplikasi WhatsApp
Untuk pengguna Android, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuka kolom obrolan di WhatsApp yang ingin dipindahkan ke Telegram.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, pilih tombol tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar, tekan opsi "More" dan klik "Export Chat".

Akan muncul jendela notifikasi yang menanyakan apakah pengguna ingin memindahkan percakapan beserta seluruh isi media atau tidak. Jika iya, tekan opsi "Include Media".

Setelah itu, pilih Telegram di antara beragam pilihan aplikasi dan metode yang tersedia.

Terakhir, tentukan kontak yang dijadikan sebagai penerima dan WhatsApp akan secara otomatis memindahkan semua riwayat dan isi percakapan chat ke Telegram.

Baca juga: Tolak Kebijakan Baru WhatsApp, Pengguna akan Kehilangan Fitur Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X