Samsung Pamer Layar Ponsel Lipat Generasi Baru

Kompas.com - 20/05/2021, 09:08 WIB
Desain S Foldable yang dipamerkan Samsung, memungkinkan perangkat dilipat dua kali menyerupai lekukan huruf S. SamsungDesain S Foldable yang dipamerkan Samsung, memungkinkan perangkat dilipat dua kali menyerupai lekukan huruf S.

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan berambisi untuk mengirimkan lebih banyak ponsel lipat. Bahkan, Samsung konon ingin mengirimkan lebih dari 10 juta unit ponsel lipat dalam setahun.

Untuk mendukung ambisi tersebut, Samsung mulai memamerkan purwarupa desain layar lipat yang berbeda dari yang sudah ada di pasaran.

Salah satunya adalah desain layar OLED S-foldable, di mana ponsel bisa dilipat dua kali. Kira-kira bentuk lipatan menyerupai lekukan huruf "S". Apabila dibentangkan, diagonal layar berukuran 7,2 inci dan bisa difungsikan sebagai tablet.

Untuk menjadikannya seukuran smartphone, ponsel harus dilipat sebanyak dua kali. Bukan hanya ponsel, Samsung juga memamerkan purwarupa panel OLED 17 inci yang bisa dilipat.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Smartphone Berbentuk Persegi Panjang

Ketika layar dibentangkan, perangkat akan berfungsi sebagai monitor. Namun, jika dilipat menjadi dua bagian seperti lipatan buku, layar berubah menjadi ukuran tablet dengan rasio layar 4:3.

Tidak hanya layar lipat, Samsung juga memperkenalkan desain layar geser. Sekilas, desain ponsel tampak seperti smartphone pada umumnya ketika layar ditutup.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sebuah video, pengguna cukup mengusap layar ke sisi kanan hingga layar tambahan muncul dari sisi kanan perangkat untuk memperluas ukuran layar.

Purwarupa smartphone layar geser Samsung.Samsung Purwarupa smartphone layar geser Samsung.
Samsung juga memperkenalkan laptop dengan sensor kamera yang ditanam di dalam layar atau disebut under panel camera (UPC).

Laptop ini juga memiliki bingkai yang sangat tipis di segala sisi. Namun, Samsung belum mengungkap spesifikasi dari kamera yang ditanam di dalam layar tersebut dan bagaimana kualitas tangkapan gambarnya.

Baca juga: Daftar 10 Smartphone dengan Kinerja Baterai Terbaik

Dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Kamis (20/5/2021), Samsung tidak hanya akan menyematkan teknologi UPC di laptop namun juga untuk smartphone.

Akan tetapi, Samsung belum membeberkankan kapan perangkat-perangkat yang mengadopsi desain layar lipat dan geser ini akan dirilis.

Tahun ini, Samsung akan meluncurkan lagi ponsel lipat Galaxy Z Fold 3 yang rumornya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X