Kompas.com - 24/05/2021, 17:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Vivo resmi memboyong perangkat 5G teranyarnya ke Indonesia, yaitu Vivo V21 5G. Ponsel tersebut diklaim bakal mendukung seluruh pita (band) frekuensi 5G yang nantinya bakal diimplementasikan di Indonesia. 

Hal itu disampaikan oleh Ricky Bunardi selaku Senior Product Manager Vivo Indonesia. Menurut dia, Vivo V21 5G mendukung jaringan 5G Dual Mode standalone (SA) dan non-standalone (NSA) di lebih dari satu pita.

Baca juga: Vivo V21 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

"(Smartphone) kami nantinya akan mendukung frekuensi 5G apapun yang akan digunakan di Indonesia. Vivo V21 5G sendiri mendukung band n1, n3, n7, n7, 28, n40, n41, dan n78," tutur Ricky kepada KompasTekno, Senin (24/5/2021).

Sebagai informasi, salah satu operator seluler, Telkomsel, baru saja lolos uji layak operasi (ULO) jaringan 5G dan mendapatkan surat keterangan lolos operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di frekuensi 2.300 MHz alias pita n40.

Dengan begitu, Vivo V21 5G dipastikan bakal mendukung jaringan 5G yang nantinya bakal digelar oleh Telkomsel untuk pertama kalinya di Indonesia dalam waktu dekat.

Senior Product Manager Vivo Indoensia, Ricky Bunardi di Press Conference Peluncuran Vivo V21 5G di Indonesia, Senin (24/5/2021).KOMPAS.com/Bill Clinten Senior Product Manager Vivo Indoensia, Ricky Bunardi di Press Conference Peluncuran Vivo V21 5G di Indonesia, Senin (24/5/2021).

Ketika nanti jaringan 5G sudah tersedia secara komersil di Indonesia, Ricky menyebut perangkat 5G Vivo bakal mendapatkan pembaruan (update) secara otomatis untuk membuka fitur koneksi 5G.

"Nantinya pengguna bisa langsung menikmati jaringan tersebut," imbuh Ricky.

Baca juga: Resmi, Telkomsel Operator Seluler 5G Pertama di Indonesia

Vivo V21 5G sendiri mengusung layar E3 AMOLED Display berukuran 6,44 inci dengan refresh rate 90 Hz. Di bagian atas layar tersebut terdapat takik bergaya ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 44 MP.

Di bagian belakangnya terdapat tiga kamera yang ditampung dalam sebuah modul persegi. Masing-masing kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera Multimode 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Untuk segi performa, Vivo V21 5G ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 800U yang dipadu dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Baterainya memiliki kapasitas 4.000 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 33W.

Di Indonesia, Vivo V21 5G tersedia dalam varian warna Sunset Dazzle dan Dusk Blue. Harganya dipatok di angka Rp 5.799.000 dan sudah bisa dipesan di toko resmi Vivo, baik online maupun offline, mulai 24 Mei hingga 29 Mei 2021 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.