Sembunyikan Aktivitas Anda di Google dengan Password, Begini Caranya

Kompas.com - 26/05/2021, 18:58 WIB
Ilustrasi Google reuters.comIlustrasi Google

KOMPAS.com - Pengguna akun Google kerap menautkan akun mereka di sejumlah perangkat berbeda untuk digunakan pada berbagai layanan Google.

Alhasil, jika ada orang lain yang menggunakan salah satu dari perangkat tersebut, ia bisa dengan leluasa mengakses riwayat aktivitas akun Google si pemilik perangkat melalui halaman "my activity".

Halaman tersebut berisi data dan riwayat selama menggunakan layanan Google seperti halaman apa saja yang kita telusuri di Chrome, video yang kita tonton di YouTube, hingga riwayat lokasi di Maps.

Data tersebut memang cukup sensitif. Oleh karena itu, Google kini menambahkan lapisan keamanan ekstra berupa password untuk melindungi informasi pada aktivitas pengguna tersebut.

Baca juga: Google Perkenalkan Fitur Baru untuk Menangkal Berita Palsu

"Lapisan keamanan ini dapat membantu meningkatkan keamanan riwayat Anda di perangkat bersama," tulis Google.

Lapisan keamanan tersebut membuat siapapun yang ingin melihat aktivitas pengguna perlu melakukan verifikasi ulang, dengan memasukkan kata sandi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengaktifkan lapisan keamanan verifikasi tambahan untuk lindungi aktivitas pengguna.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara mengaktifkan lapisan keamanan verifikasi tambahan untuk lindungi aktivitas pengguna.
Lantas bagaimana cara mengaktifkan lapisan keamanan tersebut? Berikut langkah-langkah yang harus diikuti pengguna.

  • Login ke akun Google, bisa di desktop ataupun smartphone
  • Kunjungi activity.google.com
  • Klik "kelola aktivitas saya"
  • Pilih opsi "perlu verifikasi tambahan"
  • Klik simpan
  • Verifikasi ulang akun, dengan cara masukkan kata sandi atau kunci layar

Setelah melakukan verifikasi ulang akun, aktivitas pengguna akan secara otomatis terkunci dan menyisakan tombol "verifikasi" saja.

Baca juga: Dari OS Android 12 hingga Kunci Mobil, Ini 10 Teknologi Baru Google

Setelah menerapkan verifikasi tambahan, pengguna perlu mengklik tombol "verifikasi" dan masukkan ulang password untuk bisa melihat atau mengelola aktivitasnya, di perangkat manapun akun Google itu ditautkan.

Google mengingatkan bahwa lapisan keamanan verifikasi tambahan ini hanya berlaku di laman aktivitas pengguna saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (26/5/2021).

"Setelan ini hanya berlaku untuk halaman My Activity. Riwayat Anda akan tetap muncul di produk Google lainnya," tulis Google.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X