Pengguna Instagram di Indonesia Kini Bisa Sembunyikan Jumlah Like

Kompas.com - 02/06/2021, 14:27 WIB
ilustrasi Instagram user businessinsider.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Sekitar sepekan lalu, Instagram resmi menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan hitungan "like". Dengan fitur ini, pengguna bisa menyembunyikan jumlah "like" di unggahan miliknya, maupun milik orang lain.

Fitur baru tersebut digelontorkan secara bertahap oleh Instagram pengguna di seluruh dunia. Kini, pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa menikmati fitur tersebut mulai hari ini, Rabu (2/6/2021).

Menurut pantauan KompasTekno, fitur baru ini tersedia pada aplikasi Instagram versi terbaru 189.0.0.41.121 di Android. Pengguna akan mendapatkan notifikasi bertuliskan "Choose how you see likes on posts", apabila fitur baru ini sudah bisa digunakan.

Baca juga: Resmi, Pengguna Instagram dan Facebook Kini Bisa Sembunyikan Jumlah Like

Cara menyembunyikan like

Pengguna dapat menyembunyikan jumlah "like" semua akun yang di-follow melalui opsi "Posts".

Caranya mudah, pengguna tinggal pergi ke "settings" > "privacy" > "posts" > geser tombol toggle "hide like and view counts" ke arah on.

Dengan begitu, secara otomatis, Instagram akan menyembunyikan seluruh jumlah "likes" dan "views" pada seluruh akun yang diikuti oleh pengguna.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menyembunyikan hitungan likes dan views seluruh posting dari pengguna lain.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara menyembunyikan hitungan likes dan views seluruh posting dari pengguna lain.
Pengguna juga bisa menghilangkan hitungan "likes" dan "views" dari unggahan pribadinya dengan dua cara.

Pertama, ketika ingin mengunggah foto atau video di feed, pengguna perlu pergi ke "advanced settings" > geser tombol toggle "hide like and view counts on this post" ke arah on.

Namun perlu diingat, cara pertama ini hanya akan berlaku untuk unggahan baru. Sehingga, meski cara pertama ini diaktifkan, jumlah like pada foto-foto lama milik pengguna masih akan terlihat.

Baca juga: Dituduh Sembunyikan Konten Pro-Palestina, Ini Respons Instagram

Jika ingin menyembunyikan jumlah like pada konten lawas, pengguna harus mengaktifkan fitur baru ini secara manual pada konten atau unggahan yang dikehendaki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X