Kompas.com - 11/06/2021, 09:40 WIB

KOMPAS.com - Vivo baru saja meluncurkan seri baru ponsel seri Y, yakni Vivo Y73 untuk pasar India. Ponsel berbobot 170 gram dan ketebalan ketebalan 7,38 mm ini memiliki punggung dengan desain yang memiliki pola berlian.

Vivo Y73 memiliki layar AMOLED berbentang 6,44 inci yang didukung resolusi full HD Plus. Layarnya memiliki kepadatan 408ppi dan mendukung refresh rate 60Hz dan HDR10.

Layarnya memiliki takik mungil untuk tempat kamera depan yang beresolusi 16 MP untuk selfie dan video call. Untuk kamera belakang, tersedia tiga lensa yang tersusun dalam bingkai bewarna hitam.

Baca juga: 3 Ponsel Vivo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Masing-masing sensor kamera memiliki resolusi 64 megapiksel (MP) untuk kamera utama, 2 MP untuk lensa mikro, dan 2 MP kamera depth. Di bawah modul kamera terdapat LED flash untuk menunjang pencahayaan.

Ponsel ini ditenagai chipset gaming, Mediatek Helio G95 yang dipadu dengan RAM 8 GB, pilihan extended RAM hingga 3 GB, sehingga kapasitas RAM secara teori bisa ditingkatkan menjadi 11 GB, dengan meminjam resource dari memori internal.

Memori internal Vivo Y73 sendiri berkapasitas 128 GB, dan masih bisa diperluas lagi berkat tersedianya slot kartu micorSD.

Meski demikian, fitur Extended RAM bekerja secara otomatis dan pengguna tidak bisa mengaturnya secara manual. Sebab, fitur Extended RAM hanya akan aktif ketika ponsel mendeteksi adanya kegiatan multitasking yang rakus resource.

Di balik bodinya, tertanam baterai berkapasitas 4.000 mAh yang didukung pengisi daya cepat 33 watt. Dari segi koneksivitas, ponsel ini didukung oleh jaringan 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS, USB-C, dan jack audio 3,5 mm.

Baca juga: Vivo X60 dan X60 Pro Punya Fitur Pinjam Memori

Vivo Y73 menjalankan sistem oeprasi Android 11 yang dilapisi antarmuka FunTouchOS 11.1.
Ada dua warna yang tersedia, yakni Diamond Flare dan Roman Black.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Vivo Y73 dijual di India dengan banderol harga 20.990 rupee atau sekitar Rp 4 jutaan (kurs Rp 195) di India.

Belum diketahui apakah Vivo berencana memasarkan Y73 di pasar Indonesia atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.