Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2021, 16:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah berkiprah selama enam tahun sejak 2015, Windows 10 akhirnya memiliki penerus bernama Windows 11. Sistem operasi anyar ini diperkenalkan oleh Microsoft dalam acara virtual yang dilangsungkan pada Jumat kemarin waktu Indonesia.

Selain bisa diunduh gratis untuk para pemilik lisensi Windows 10 ketika sudah tersedia nanti, Windows 11 dibekali dengan sejumlah fitur baru, seperti desain antarmuka yang lebih segar, aneka widget, hingga kemampuan menjalankan aplikasi Android tanpa emulator.

Baca juga: Windows 11 Gratis untuk Pengguna Windows 10

Berikut ini deretan fitur anyar yang menarik di Windows 11, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IGN South East Asia, Sabtu (26/6/2021).

Antarmuka mirip macOS

Jendela tugas yang sudutnya sedikit lebih membulat, tidak lagi tajam seperti di versi Windows sebelumnya.GSM Arena Jendela tugas yang sudutnya sedikit lebih membulat, tidak lagi tajam seperti di versi Windows sebelumnya.

Perubahan yang paling mencolok dari Windows 11 dapat dilihat dari tampilan antarmukanya. Pada OS terbaru ini, Microsoft telah memindahkan letak icon di bagian taskbar dan menu Start.

Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, melainkan sudah digeser ke sisi tengah seperti di dock macOS.  Sisi kiri pun terlihat bersih. Di sebelah kanan masih ada ikon yang akan menampilkan keterangan seperti jam, koneksi wireless, dan status baterai. 

Windows 11 juga menampilkan visual yang lebih lembut dengan sudut ikon yang membulat, jendela yang memiliki efek transparan serta transisi animasi yang lebih halus.

Baca juga: Ini Spesifikasi PC untuk Menjalankan Windows 11

Menurut Microsoft, antarmuka baru Windows 11 dirancang untuk mempermudah akses pengguna, terutama yang memiliki monitor berukuran besar.

Aneka widget informatif

Tampilan menu Start Windows 11.Baidu Tampilan menu Start Windows 11.

Microsoft turut menghadirkan fitur widget yang mencakup rangkaian aplikasi informatif, seperti kalender, prediksi cuaca, hingga peta.

Ada juga widget news feed yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menampilkan berita sesuai dengan topik ketertarikan pengguna, baik politik internasional, e-sports, berita lokal, dan lain-lain.

Rangkaian widget Windows 11 ditempatkan di area transparan yang bisa dimunculkan dari sisi kiri layardengan menekan sebuah tombol di taskbar.

Snap Layout baru

Tampilan fitur manajemen jendela di Windows 11.Baidu Tampilan fitur manajemen jendela di Windows 11.

Kehadiran fitur snap layout akan membantu pengguna yang terbiasa bekerja dengan membuka beberapa jendela aplikasi sekaligus untuk multi-tasking.

Snap Layout di Windows 11 menghadirkan sejumlah posi penyusunan baru, seperti meletakkan tiga jendela aplikasi secara berdampingan, satu jendela besar dengan dua jendela berukuran lebih kecil di sampingnya, dan banyak lagi.

Baca juga: Resmi Meluncur, Kapan Windows 11 Bisa Di-download?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com