XL Axiata Bersiap Uji Kelayakan Layanan 5G

Kompas.com - 29/06/2021, 15:21 WIB
Logo XL Axiata. XL AxiataLogo XL Axiata.

KOMPAS.com - Indonesia resmi memasuki era komersialisasi jaringan generasi kelima alias 5G. Ditandai dengan diluncurkannya layanan 5G dari operator seluler Telkomsel dan Indosat belum lama ini.

Operator seluler lain seperti XL Axiata pun juga tak mau ketinggalan dalam menyediakan layanan koneksi 5G di Tanah Air.

Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengungkapkan, pihak XL Axiata sendiri tengah bersiap untuk melakukan uji laik operasi (ULO) layanan 5G, sebagai syarat sebelum menggelar layanan 5G secara komersial.

Baca juga: Laba XL Axiata Rp 321 Miliar, Layanan Data Jadi Penyumbang Terbesar

"Kami saat ini sedang bersiap-siap untuk implementasi layanan 5G lewat implementasi 5G-4G Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Termasuk mempersiapkan Uji Laik Operasi 5G DSS," kata wanita yang akrab disapa Ayu itu kepada KompasTekno, Selasa (29/6/2021).

Kendati demikian, Ayu tidak mengumbar kapan pastinya XL Axiata akan melakukan ULO 5G bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Yang jelas, kata Ayu, persiapan implementasi dan ULO 5G XL sejalan dengan rencana pemerintah untuk merealisasikan layanan 5G di Indonesia pada tahun ini. Dan juga sebagai tahap lanjutan dari program perusahaan terkait layanan 5G di tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti yang disebutkan Ayu, XL Axiata akan menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS), di mana jaringan 5G digelar menggunakan frekuensi 4G yang sudah ada.

"Layanan 5G XL rencananya akan digelar lewat implementasi DSS menggunakan spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz," kata Ayu.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya XL Satu Fiber dengan XL Home

Ia melanjutkan, dengan menggelar 5G lewat sistem DSS, diharapkan dapat mendorong pengembangan berbagai use case baru yang bermanfaat untuk industri.

Ayu turut menjelaskan, selama ini, XL Axiata sangat serius dalam mempersiapkan layanan 5G miliknya, baik dari segi teknis maupun non-teknis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X