Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 13/10/2021, 18:18 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Factory/hard reset alias menghapus semua setting, aplikasi, dan data di ponsel sehingga kembali ke kondisi awal dari pabrik kadang perlu dilakukan oleh pengguna ponsel, misalnya saat ingin menjual perangkatnya.

Untuk ponsel Android, cara melakukan factory reset lebih kurang sama, tapi mungkin bisa berbeda sedikit antar merek perangkat dalam hal menu yang harus dibuka dan nama-namanya. 

Baca juga: Cara Cek Garansi HP Oppo, Samsung, Vivo, Realme, Xiaomi, dan Asus

Hard reset di HP Xiaomi dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang dihimpun KompasTekno, sebagai berikut:

  • Pertama-tama, pastikan baterai ponsel cukup karena proses factory reset bisa berlangsung beberapa menit. Dianjurkan agar baterai setidaknya masih terisi 50 persen.
  • Jika sudah siap, buka menu Pengaturan atau Settings pada ponsel. Kemudian pilih menu "About Phone".
  • Pada menu About Phone, pilih opsi "Factory reset".
  • Jika sebelumnya telah memasang kode PIN atau password pada ponsel, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.
  • Akan muncul jendela kecil berisi peringatan. Setelah menunggu waktu 10 detik, pengguna dapat menekan tombol "Next" untuk mulai melakukan factory reset di ponsel Xiaomi.
  • Ponsel akan melakukan reboot, kemudian factory reset.
  • Jika sudah selesai, ponsel akan menampilkan pesan selamat datang, seperti saat pertama kali dinyalakan.

Cara melakukan factory reset di ponsel Xiaomi.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melakukan factory reset di ponsel Xiaomi.
Yang harus diperhatikan, factory reset bersifat permanen sehingga Anda tidak bisa mengambil kembali data yang sudah terhapus. Karena itu sebaiknya backup dulu data Anda, pastikan tidak ada data penting di ponsel.

Factory reset juga akan menghapus semua setting dan akun di perangkat sehingga Anda harus login kembali jika ingin menggunakan akun yang sama di ponsel tersebut.

Baca juga: Tips Menjual HP Android Bekas Pakai, Data Aman dan Gampang Laku

Untuk beberapa akun seperti Google, apabila melakukan factory reset tanpa sign-out/ remove sebelumnya, maka perangkat yang bersangkutan akan tetap tercantum di daftar device dalam menu manajemen akun. Anda bisa menghapusnya lewat menu pengaturan Google di link ini.

Karena itu, untuk menghindari masalah di kemudian hari, ada baiknya Anda lebih dulu sign-out dari akun-akun di perangkat sebelum melakukan factory reset.

Di perangkat Xiaomi, selain factory reset, tersedia opsi untuk menghapus data jenis tertentu saja, seperti data akun, kontak, foto dan video, serta aplikasi. Ini bisa dipilih apabila pengguna ingin sekadar membebaskan memori ponsel, alih-alih menghapus semua data.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com