Cara Factory Reset di Ponsel Samsung Galaxy

Kompas.com - 29/06/2021, 18:01 WIB
ilustrasi android user businessinsider.comilustrasi android user

KOMPAS.com - Factory reset merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan pengguna untuk menghapus seluruh data yang terdapat pada sebuah ponsel.

Ketika proses factory reset dilakukan, maka ponsel yang dimiliki akan mengembalikan seluruh konfigurasi ke pengaturan pabrik.

Hal ini akan secara otomatis menghapus seluruh data yang tersimpan pada ponsel seperti akun, aplikasi, musik, gambar, lagu, serta berbagai file lainnya.

Ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi pengguna untuk melakukan proses factory reset.

Misalnya, kapasitas memori sistem sudah penuh, hingga munculnya berbagai gangguan teknis serta aplikasi yang tidak dapat dijalankan secara tiba-tiba.

Baca juga: Setengah dari Penduduk Dunia Kini Punya Smartphone

Selain itu, tak sedikit dari pengguna yang melakukan factory reset ketika ia hendak menjual ponsel yang dimiliki atau memberikannya kepada pengguna lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara melakukan factory reset di setiap ponsel berbeda-beda, tergantung merek ponsel Android. Nah kali ini, KompasTekno akan membahas cara melakukan factory reset pada ponsel Samsung Galaxy

Cara factory reset di Samsung Galaxy

Cara melakukan factory reset di ponsel Samsung Galaxy.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melakukan factory reset di ponsel Samsung Galaxy.
Langkah pertama, buka menu pengaturan atau settings. Di halaman settings, gulirkan ke bawah hingga menemukan opsi General management.

Setelah opsi tersebut diklik, pilih tombol Reset. Di halaman ini, pengguna akan disodori sejumlah pilihan.

Untuk menghapus seluruh data yang tersimpan pada ponsel, pengguna bisa memilih opsi Factory data reset.

Baca juga: Riset: 1 dari 4 Smartphone yang Terjual Dibeli Secara Online

Cara menghapus seluruh data di ponsel Samsung Galaxy melalui menu factory reset.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menghapus seluruh data di ponsel Samsung Galaxy melalui menu factory reset.
Di halaman selanjutnya, ponsel akan menampilkan seluruh data yang tersimpan serta beragam akun media sosial yang terhubung pada ponsel. Pilih opsi Reset untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Jika sebelumnya Anda telah memasang kode PIN atau password pada ponsel, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.

Ponsel akan segera menghapus seluruh data yang ada pada ponsel. Proses ini akan berlangsung dalam beberapa menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.