Cara agar Tidak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Izin

Kompas.com - 13/07/2021, 08:46 WIB
ilustrasi WhatsApp mashable.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp tentu pernah mengalami dimasukkan ke dalam grup tanpa pemberitahuan terlebih dulu atau tanpa izin. Bagi sebagian pengguna, hal ini tentu cukup menyebalkan.

Nah, tahukah Anda bahwa WhatsApp memiliki fitur untuk membatasi agar tidak dimasukkan ke dalam grup tanpa izin?

Fitur ini bisa ditemukan dengan mudah di halaman setting akun pengguna WhatsApp. Cara mengaturnya pun tidak sulit.

Pengguna cukup membuka menu "Settings", kemudian pilih "Account". Setelah itu klik opsi "Privacy" dan pilih "Groups".

Baca juga: Cara Membuat Link Grup WhatsApp untuk Dibagikan

Ada tiga pilihan yang tersedia soal siapa saja yang bisa langsung mengundang pengguna ke dalam sebuah grup, yakni "Everyone" yang berarti semua orang tanpa pembatasan, "My contacts" alias hanya mereka yang ada di daftar kontak, dan "Nobody" atau tak ada sama sekali.

Apabila admin sebuah grup ingin memasukkan pengguna WhatsApp yang membatasi undangan, admin tersebut harus mengirim link undangan grup kepada pengguna tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna yang mendapat link undangan grup tadi lantas bisa menimbang-nimbang apakah akan ikut bergabung dengan mengklik tautan undangan atau tidak. Invitation link ini berlaku selama 72 jam.

Baca juga: Cara Pakai Fitur Terbaru WhatsApp, Foto Hilang Sendiri Setelah Dilihat

Sebelumnya tidak adanya batasan bagi admin grup WhatsApp untuk menambah orang lain ke dalam grup disinyalir sering menjadi sarana penyebaran hoaks atau spam.

Fitur pembatasan grup ini sudah diuji coba di aplikasi WhatsApp iOS dan Android sejak versi beta 2.19.55, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Selasa (13/7/2021). 

Pastikan juga untuk update WhatsApp ke versi teranyar lewat Google Play Store atau Apple App Store agar tidak melewatkan pembaruan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.