Internet Biznet dan Telkomsel Paling Kencang di Indonesia Versi Speedtest

Kompas.com - 19/07/2021, 17:25 WIB
Ilustrasi Internet shutterstockIlustrasi Internet

KOMPAS.com - Aplikasi pengukur kecepatan internet Speedtest, merilis laporan terbarunya. Speedtest mempublikasi laporan bertajuk "Speedtest Global Index 2021", termasuk untuk wilayah Indonesia.

Dalam laporan tersebut, Speedtest menjabarkan peringkat kecepatan internet dari penyedia layanan internet (ISP) dan operator seluler di Indonesia. Laporan ini dibuat berdasarkan data selama kuartal II (Q2) 2021. 

Laporan ini menggunakan skala 0 hingga 50 untuk mengukur skor kecepatan atau speed score ISP dan operator seluler. Menurut Speedtest, skor ini dihitung dengan menggabungkan kecepatan download dan upload masing-masing operator dan penyedia jasa internet.

Peringkat ISP di Indonesia

Menurut laporan Speedtest, Biznet menempati peringkat teratas dan memperoleh skor kecepatan mencapai 40,66. ISP bernuansa biru itu diikuti oleh MyRepublic dengan skor 35,63.

Sementara Telkom berada di peringkat ketiga. Meski masuk tiga besar, perbedaan skor antara Telkom dengan MyRepublic terpaut cukup jauh. Telkom mendapatkan speed score sebesar 17,78. Kemudian First Media berada di peringkat terbawah dengan skor 16,51.

Baca juga: 10 Kota di Indonesia dengan Internet Terkencang, Jakarta Runner-up

Berdasarkan laporan Ookla, Biznet menjadi penyedia jasa internet tercepat di Indonesia selama kuartal-II 2021. Ookla Berdasarkan laporan Ookla, Biznet menjadi penyedia jasa internet tercepat di Indonesia selama kuartal-II 2021.

Peringkat konsistensi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mengukur kecepatan, Speedtest juga mengukur tingkat konsistensi jaringan internet yang disediakan masing-masing ISP.

Speedtest mengatakan, skor konsistensi ini adalah atribut yang digunakan untuk mengidentifikasi penyedia jaringan memberikan kualitas layanan yang stabil.

Untuk mengukur peringkat ini, Speedtest menggunakan angka ambang batas kecepatan unduh minimum 25 Mbps dan kecepatan upload minimum 3 Mbps.

Hasilnya, Biznet juga berada di urutan pertama dengan skor 66,6 persen. Itu artinya, Biznet stidaknya memiliki kecepatan unduhan download 25 Mbps dan kecepatan upload 3 Mbps.

Posisi selanjutnya ditempati oleh MyRepublic (63,5 persen), First Media (30,6 persen), dan Telkom (25,2 persen) secara berurutan.

Peringkat operator seluler

Dari sisi operator seluler, laporan Speedtest menyebut bahwa Telkomsel menjadi operator seluler dengan kecepatan paling tinggi di Indonesia yaitu dengan skor kecepatan (speed score) 28,02. Sebagai catatan, Telkomsel juga resmi menggelar jaringan 5G pada Mei lalu.

Baca juga: Rekor Dunia, Kecepatan Internet Tembus 319 Terabit Per Detik

Di posisi kedua ada Indosat Ooredoo dengan skor 26,28. Lalu, urutan ketiga ditempati oleh XL Axiata dengan skor kecepatan internet mencapai 20,96.

Sementara, Smartfren dan Hutchison Tri (3) ada di urutan keempat dan kelima dengan skor masing-masing yakni 16,69 dan 15,71.

Peringkat operator seluler dengan kecepatan download dan upload tertinggi. Ookla Peringkat operator seluler dengan kecepatan download dan upload tertinggi.

Peringkat konsistensi

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Speedtest, Senin (19/7/2021), Telkomsel juga memiliki skor konsistensi tertinggi, yakni 84,1 persen. Kemudian diikuti oleh Indosat Ooredoo dengan skor 83,5 persen.

Operator seluler Tri menempati peringkat ketiga dengan skor 80 persen, kemudian XL Axiata dengan skor 79 persen, dan Smartfren dengan skor 65,4 persen.

Speedtest menggunakan sampel ponsel yang ditenagai chipset dengan teknologi jaringan terbaru untuk menghitung pengalaman serta performa internet dari kelima operator seluler Tanah Air tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.