Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pendiri Google Hindari Covid-19, Sembunyi di Pulau Mewah

Kompas.com - 29/07/2021, 11:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang merebak di dunia sejak awal tahun 2020 lalu masih terus berlanjut hingga saat ini. Untuk menghindari penularan, orang-orang di seluruh dunia banyak menghabiskan waktu di rumah.

Namun, lain cerita dengan salah satu pendiri Google, Larry Page. Orang terkaya nomor enam sedunia dengan kekayaan bersih mencapai Rp 1.658,9 triliun ini dilaporkan memilih bersembunyi di salah satu pulau di di negara Fiji. 

Menurut laporan sumber yang sempat melihatnya di Fiji, Page tinggal selama berbulan-bulan di pulau Tavarua yang berbentuk hati. Dia disebut berhasil masuk ke Fiji menggunakan jalur khusus "blue lane" yang diberlakukan di sana.

Baca juga: Google Didenda Rp 8,5 Triliun, Ini Penyebabnya

Blue lane merupakan inisiatif pemerintah Fiji untuk membangkitkan kembali industri pariwisata setempat di tengah situasi Covid-19. Atas inisiatif ini sejumlah pemilik kapal superyatch dan jet pribadi bisa masuk ke Fiji dengan pembatasan minimal.

Tak jelas kapan pastinya Page pertama kali tiba di Fiji. Namun, sumber tadi menyebutkan bahwa Page sudah nongol di Fiji semenjak pertengahan tahun lalu.

Pulau Tavarua di Fiji, tempat bersembunyi Larry Page dari Covid-19.Alamy Stock Photo Pulau Tavarua di Fiji, tempat bersembunyi Larry Page dari Covid-19.

Page disebutkan turut membawa keluarga serta rombongannya ke Fiji dan menetap di sana untuk waktu yang cukup lama. Selama pandemi ini, ia dilaporkan telah kembali mengunjungi Fiji setidaknya sekali setelah kunjungan musim panas 2020 itu.

Saat di sana, pihak berwenang Fiji disebutkan membantu menjaga kerahasiaan kunjungan Page dan rombongannya dari sorotan banyak orang. Namun, tetap saja, ada orang yang  melihat aktivitas Page selama di Fiji, seperti sumber tadi.

Page dilaporkan menghabiskan waktu melakukan hydrofoiling bersama istrinya, Lucinda Southworth. Hydrofoiling merupakan sebuah olahraga air sejenis selancar yang juga menjadi salah satu kegemaran CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Baca juga: Mark Zuckerberg Jelaskan Mengapa Wajahnya Seputih Joker

"Dia (Page) pandai melakukannya," kata sumber tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The New York Post, Rabu (28/7/2021).

Page juga sempat terlihat berada di pulau kecil Namotu, Fiji. Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa orang terkaya nomor enam sejagat ini telah membeli pulau Namotu atau salah satu pulau lainnya yang ada di Fiji.

Page juga sempat diberitakan memberikan bantuan ke otoritas kesehatan Fiji.

Pada 19 Juni, ketika Fiji dilanda gelombang kedua kasus Covid-19, media Fijian Broadcasting Company News melaporkan bahwa Page menyumbang pasokan medis ke negara itu melalui jet pribadinya. Namun kemudian berita itu menghilang.

Pasalnya, menurut sumber yang mengetahui masalah ini, otoritas kesehatan Fiji mengatakan bahwa informasi tersebut tidak boleh dipublikasikan dan meminta media Fijian Broadcasting Company News untuk menghapus artikel tersebut.

Baca juga: Mundur dari Induk Google, ke Mana Perginya Larry Page dan Sergey Brin?

Semenjak mundur dari jabatan CEO dan presiden di perusahaan induk Google, Alphabet, pada 2019 lalu, Page memang lebih sering menghindari pehatian publik. 

Saat ini, Larry Page fokus terlibat dalam startup baru, yakni Zee.Aero dan Kitty Hawk sebagai investor. Kedua perusahaan tersebut diketahui fokus dalam mengembangkan moda transportasi mobil terbang (flying-car).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com