Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Sembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Blokir Kontak Resmi Dirilis

Kompas.com - 28/07/2021, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya resmi menggelontorkan fitur "Archived Chats" alias arsip obrolan di platform miliknya. Sebelumnya, fitur ini baru hadir terbatas untuk pengguna beta

Fitur ini bisa digunakan pengguna untuk menyembunyikan chat dari seseorang maupun grup, tanpa perlu memblokirnya terlebih dahulu.

Fitur baru ini disampaikan langsung oleh CEO WhatsApp Will Cathcart, melalui akun Twitter resminya dengan handle @wcathcart.

"Punya grup WhatsApp yang sedikit berisik dan membuat kotak masuk Anda jadi berantakan? Dengan fitur Arsip yang baru, Anda sekarang dapat menyimpan obrolan di luar kotak masuk Anda, tetapi masih memiliki akses ke sana kapan pun Anda mau!" twit Cathcart.

Pantauan KompasTekno, fitur Archived Chats ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 di ponsel Android.

Untuk menemukan fitur ini, pengguna tinggal menekan beberapa detik chat yang ingin diarsipkan.

Lalu, klik ikon arsip yang digambarkan dengan gambar sebuah kotak dengan anak panah ke bawah. Setelah itu, chat akan otomatis pindah ke folder "Archived" yang terletak di atas beranda kontak masuk.

Baca juga: Cara Mengubah Font WhatsApp dan Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Kendati demikian, fitur ini tampaknya belum disebar secara merata kepada seluruh pengguna. Pasalnya, masih ada sejumlah pengguna yang belum mendapatkan fitur ini.

Bila pengguna belum menemukan fitur Archived Chats yang baru, mungkin pengguna harus sedikit bersabar, kemungkinan fitur baru digelontorkan secara bertahap oleh WhatsApp.

Sebelum resmi digelontorkan, fitur Arsip yang baru ini sudah lebih dulu disebar ke pengguna WhatsApp versi beta.

KompasTekno juga kebagian fitur ini lebih awal dan bisa menjajalnya di WhatsApp beta Android versi 2.21.14.6, pada awal Juli lalu.

Beda fitur "Archived Chats" lama dan baru

Seperti disebutkan sebelumnya, fitur arsip ini sebenarnya bukanlah fitur anyar. Melalui pembaruan "Archived Chat" baru kali ini, WhatsApp memperbarui mekanisme pengarsipan chat dan peletakkan folder arsip di platformnya.

Pada versi sebelumnya, fitur "Arsip" digunakan untuk menyembunyikan beberapa chat pribadi maupun grup agar tidak muncul di beranda. Kendati disembunyikan, chat yang disimpan tadi akan kembali ke tampilan utama atau beranda apabila ada pesan baru masuk.

Tampilan fitur Archived Chats yang baru di aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 di ponsel Android.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan fitur Archived Chats yang baru di aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 di ponsel Android.
Sebelumnya, letak folder arsip pun berada di paling bawah beranda.

Jadi pengguna harus menggulirkan chat hingga ke paling bawah untuk bisa mengakses folder arsip ini.

Baca juga: Ada Spyware Pegasus, Presiden Jokowi Diminta Tak Pakai WhatsApp

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com