Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Rilis Kompanio 1300T, Chip 5G untuk Tablet dan Chromebook

Kompas.com - 29/07/2021, 15:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen komponen semikonduktor MediaTek meluncurkan System-on-Chip (SoC) teranyarnya yang diberi nama Kompanio 1300T. SoC tersebut merupakan suksesor dari Kompanio 820 yang diumumkan November 2020 lalu.

Alih-alih untuk smartphone, chipset yang dimanufaktur dengan teknologi fabrikasi 6 nm ini dirancang khusus untuk perangkat tablet dan laptop Chromebook, yang dilengkapi dukungan koneksi 5G.

General Manager of Intelligent Multimedia Business Unit MediaTek, PC Tseng mengatakan Kompanio 1300T hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan perangkat tablet yang kini tengah meningkat. 

Baca juga: OnePlus Nord 2 5G Meluncur, Ponsel Pertama OnePlus dengan Chip MediaTek

Tseng mengatakan bahwa perangkat tersebut kini marak dipakai untuk menikmati konten hiburan dan melakukan kegiatan, seperti sekolah atau belajar, dari jarak jauh.

"Chip Kompanio kami memungkinkan para produsen untuk merancang tablet ringan dan produk komputasi pribadi dengan performa yang tangguh dan masa pakai baterai yang lama," kata Tseng dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (29/7/2021).

Secara hardware, SoC Kompanio 1300T dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti, yang terdiri dari CPU ARM Cortex-A55 dan Cortex-A78. Pengolah grafisnya (GPU) mengandalkan ARM Mali-G77 MC9.

Chipset ini juga sudah mendukung konektivitas 5G di spektrum sub-6 GHz dengan dukungan 5G-2CA dan Dual 5G SIM.

Ada pula fitur 5G Elevator Mode dan 5G HSR Mode yang memungkinkan pengguna untuk menikmati konektivitas berkecepatan tinggi di berbagai aplikasi, serta 5G UltraSave untuk menghemat konsumsi daya ketika sedang terhubung 5G.

Baca juga: Huawei Rilis Tablet MatePad T10 untuk Anak, Harga Rp 2 Jutaan

Spesifikasi lain mencakup dukungan layar resolusi 2.5K dengan refresh rate 120 Hz, teknologi warna MiraVision, dan HDR10+, kamera 108 MP, Voice on Wakeup (VoW), HyperEngine 3.0, serta konektivitas WiFi 6 dan Bluetooth 5.2.

Untuk ketersediaan, SoC Kompanio 1300T bakal terpasang di sejumlah tablet dan Chromebook anyar yang diluncurkan tahun ini. Kabarnya, salah satu tablet tersebut adalah Honor V7 Pro yang akan meluncur pertengahan Agustus ini.

Adapun sejumlah perangkat yang mengusung chipset tersebut rencananya bakal diumumkan menjelang akhir tahun ini, atau pada kuartal ketiga 2021 mendatang. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com