Mengenal Nenu, Gamer Indonesia yang Mendunia lewat Kompetisi Tetris

Kompas.com - 06/08/2021, 09:51 WIB
Pemain Classic Tetris dunia dari Indonesia, Nenu Zefanya Kariko. IGNPemain Classic Tetris dunia dari Indonesia, Nenu Zefanya Kariko.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mungkin masih belum mengenal gamer profesional asal Indonesia bernama Nenu Zefanya Kariko.

Namun, dunia mengenalnya melalui ajang kompetisi e-sports bergengsi game Classic Tetris, Classic Tetris World Champhionship (CTWC).

Bahkan, pemuda yang biasa dipanggil Nenu itu langsung menyabet peringkat empat dunia pada debutnya di gelaran CTWC 2020 lalu.

Ia juga menjadi satu-satunya orang Asia dari delapan besar pemain dunia teratas yang seluruhnya berasal dari Amerika Serikat.

"Kalau boleh jujur, saya tidak menyangka bisa masuk ke empat besar. Awalnya, saya mengira akan sulit berjuang di kompetisi ini, namun saya ternyata berhasil melewatinya," kata Nenu, dalam sebuah wawancara, dikutip KompasTekno dari IGN, Jumat (6/8/2021).

Nenu bersama tujuh pemain teratas Classic Tetris di ajang CTWC 2020.IGN Nenu bersama tujuh pemain teratas Classic Tetris di ajang CTWC 2020.
Perasaan yang diutarakan Nenu sendiri bisa dibilang wajar. Pasalnya, selain merupakan penampilan perdananya, ia juga belum begitu lama mengenal ranah kompetisi Tetris global.

Awalnya, ia tertarik dengan dunia e-sports Tetris dunia setelah menonton video viral yang kerap menjadi lelucon internet, yaitu "Boom Tetris for Jeff", di YouTube pada 2016 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sana, ia mulai menonton seluruh video kompetisi CTWC dan bermain secara santai. Lalu, pada 2019, ia memutuskan untuk mengikuti kompetisi Classic Tetris Monthly di platform Twitch dan terus meningkatkan kemampuannya dari waktu ke waktu.

"Saya bisa menyimpulkan bahwa apabila seseorang ingin jago bermain Tetris, mereka harus sering memainkannya untuk dapat mengetahui pola dari papan Tetris, begitu juga trik untuk menumpukkan balok di game tersebut," tutur Nenu. 

Pria berumur 23 tahun ini menambahkan, komunitas Tetris di Discord juga berperan penting untuk mengasah kemampuan bermain Tetris. Sebab, banyak pemain jago di sana yang kerap membagikan tips dan trik untuk bermain.

Baca juga: Sejarah Tetris, Game Susun Balok yang Lahir Tak Sengaja 37 Tahun yang Lalu

Halaman:


Sumber IGN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.