YouTube Music Makin Populer, Jumlah Pelanggan Tembus 50 Juta

Kompas.com - 05/09/2021, 08:03 WIB
Spotify Vs YouTube Music Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PSpotify Vs YouTube Music

KOMPAS.com - Pada 2018 lalu, YouTube meluncurkan platform khusus untuk streaming musik bernama YouTube Music. Sekitar tiga tahun berselang, YouTube Music lambat laun kian populer.

Dalam blog resminya, YouTube mengklaim jumlah pelanggan YouTube Music dan Premium kini menyetuh angka 50 juta pada Agustus lalu. Jumlah itu termasuk para pengguna masa uji coba (trial).

Global Head of Music YouTube, Lyor Cohen, mengatakan bahwa hal ini menjadi tonggak sejarah bagi perusahaan.

"Kami juga berinvestasi dalam fitur baru dan manfaat eksklusif untuk anggota kami," ungkap Cohen.

Ia juga mengatakan, YouTube Music dan YouTube Premium berkembang dengan pesat di sejumlah negara seperti Korea, India, Jepang, Rusia, serta Brasil.

Baca juga: Cara Menggunakan Picture-in-Picture YouTube di Laptop, Android, dan iOS

"Misalnya, saat penyanyi Tim McGraw mengadakan pesta ulang tahun khusus untuk pelanggan Premium setelah merilis video musik barunya. Pengalaman yang intim seperti ini adalah solusi win-win untuk artis dan pelanggan Premium," lanjut Cohen. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

YouTube tidak merinci masing-masing jumlah pelanggan YouTube Music dan Premium. Tidak disebutkan secara spesifik pula berapa jumlah pelanggan trial selama tiga bulan, merangkum dari Indian Express.

Namun, jumlah pelanggan ini memang melonjak tajam sejak Desember 2020 lalu. Saat itu, YouTube mengumumkan jumlah pelanggan platform music streaming-nya mencapai 30 juta pelanggan.

Untuk diketahui, YouTube menawarkan paket berlangganan YouTube Music dengan harga termurah Rp 49.000 selama satu bulan.

Sementara paket YouTube Premium yang bisa digunakan untuk mengakses konten YouTube dan YouTube Music bebas iklan, harga paling murah dipatok Rp 59.000.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.