Cara Menghapus Follower di Instagram Tanpa Ketahuan

Kompas.com - 12/09/2021, 18:40 WIB
ilustrasi Instagram user cnet.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Memiliki banyak follower (pengikut) di Instagram mungkin terasa membanggakan bagi sebagian orang. Namun, bagaimana jika salah satu dari follower adalah orang yang tidak dikehendaki?

Misalnya, seseorang yang tidak Anda inginkan untuk mengetahui apa saja yang Anda unggah di Instagram. Opsi memblokir akun mungkin menjadi pilihan.

Akan tetapi, sebagian orang mungkin merasa sungkan untuk memblokir pengikutnya karena bisa saja merembet ke hubungan di dunia nyata. Lantas, apa solusinya?

Untungnya, Instagram memiliki satu fitur yang mungkin jarang terdengr, yakni fitur "remove follower" atau "hapus pengikut".

Bisa dibilang, fitur ini adalah memblokir secara halus. Sebab, pengguna bisa menghapus akun tertentu dari daftar pengikutnya tanpa memberikan notifikasi ke akun tersebut.

Baca juga: Trik Sederhana untuk Melihat Instagram Stories Tanpa Ketahuan

Fitur ini berbeda dengan unfollow (berhenti mengikuti) dan blokir akun. Unfollow akan menghentikan Anda mengikuti akun tertentu, namun akun tersebut tetap masuk daftar pengikut jika sebelumnya sudah saling berteman.

Sementara blokir akan mencegah interaksi apapun di kedua akun. Nah, dengan "hapus pengikut", pengguna hanya akan menghapus akun tertentu dari daftar pengikut, namun masih berstatus "mengikuti", kecuali pengguna mengetuk unfollow.

Untuk menghapus pengikut caranya tidak terlalu sulit. Cukup ikuti langkah berikut:

Cara menghapus follower atau pengikut di Instagram.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menghapus follower atau pengikut di Instagram.

  1. Buka laman profil Instagram
  2. Klik "pengikut"
  3. Cari akun yang ingin dihapus dari daftar pengikut atau cukup ketikan namanya di kolom pencarian
  4. Setelah akun yang dimaksud muncul, klik "hapus" yang ada di sisi kanan
  5. Nantinya akan muncul pop-up notifikasi yang menerangkan bahwa Instagram tidak akan memberi tahu ke pengikut tersebut jika Anda menghapusnya dari daftar follower
  6. Kemudian, klik "hapus" di pop-up notifikasi. Maka, akun tersebut akan terhapus dari daftar pengikut Anda
  7. Cara lainnya, buka profil akun yang ingin dihapus, lalu klik ikon titik tiga di kanan atas > hapus pengikut.

Baca juga: Cara Download Video Instagram dengan Aplikasi Android dan iOS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.